Piye

Panwaslu Anggap Pemda Lelet Tertibkan APK Cakada

Panwaslu Anggap Pemda Lelet Tertibkan APK Cakada
SuaraLombok.com|Lombok Barat - Pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Lombok Barat menilai jika Pemda setempat lambat merespon maraknya Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak ditempatkan sesuai aturan.

Kadig pencegahan antas lembaga Panwaslu Lobar, Abror mengatakan, masing-masing lembaga memiliki tanggung jawab masing-masing dalam Pilkada. Sedangkan untuk penertiban sendiri merupakan kewenangan Pemkab melalui Satpol-PP, Dishub, Dinas Perizinan dan Dinas Perkim.

“Bukan tugas kami saja melakukan penertiban, kami ini sudah bersurat kepada KPU dan Pemda, tapi kami sayangkan masih banyak APK yang belum ditertibkan,” ungkapnya.

Hal ini, lanjut dia sudah diatur dalam Perbawaslu No 12 Tahun 2017 tentang kewenangan, tugas dan fungsi masing-masing lembaga penyelenggara Pemilu.

“Kami sudah melaksanakan tugas kami yaitu memberi rekomendasi terkait penurunan APK yang diletakkan tidak sesuai dengan aturan yang ada,” lanjut dia.

Dia mengatakan, Panwaslu berharap agar Pemda segera menggerakkan personel yang bisa membantu penertiban APK itu. Termasuk Satpol PP yang berada di tingkat kecamatan serta Linmas.

“Kami sebenarnya sudah sempat turun ke lapangan, itu sebagai contoh, tapi kami juga bingung sampai hari ini masih saja ada,” katanya.

Lebih jauh dia mengatakan, pihaknya justru khawatir jika nantinya belum diturunkannya APK oleh Pemda itu akan menimbulkan konflik. Seperti sejumlah kasus di sejumlah kecamatan yang APK salah satu Paslon diturunkan paksa oleh orang tidak dikenal dan menyebabkan konflik.

“Itu sangat rentan, ya jadinya harapan kita kepada semua paslon timses untuk sadar," ujarnya. (miq)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.