Piye

Penyelesaian Sengketa Pilkades Tanah Gadang Menggantung

SuaraLombok.com|Lombok Timur - Penyelesaian sengketa Pilkades Desa Tanah Gadang, Kecamatan Pringgebaya masih menggantung. Meski tim sengketa Pilkades Kabupaten Lombok Timur telah mengeluarkan keputusan untuk melakukan penghitungan ulang terhadap hasil Pilkades Desa Tanah Gadang.

Hal ini dilakukan karena Camat Pringgebaya,Zulkifli menolak dilakukan penghitungan ulang. Dengan melayangkan surat untuk menolak dilakukan penghitungan ulang.

Selain itu Kades terpilih juga menolak dilakukan penghitungan suara ulang,dengan melakukan aksi ke kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lotim.

Kepala Dinas PMD Lotim, HM.Juani Taufik yang didampingi tim sengketa Pilkada Lotim dihadapan kedua calon kades Tanah Gadang dan massa pendukungnya menjelaskan bahwa permasalahan yang terjadi di Desa Tanah Gadang akan dikembalikan ke panitia Pilkades setempat.

Karena dari pemerintah kabupaten tidak melaksanakan Pilkades,karena yang sejatinya desa yang melakukan Pilkades sesuai dengan aturan yang ada.

" Untuk masalah desa Tanah Gadang kami tentunya mengembalikan ke panitia Pilkadesnya karena dialah yang melaksanakan," kata Taufik.

Ia menjelaskan bermasalah ataukah tidaknya Pilkades Tanah Gadang adalah tergantung panitia Pilkades tersebut, karena yang membentuk adalah BPD,sehingga aturan Pilkades berbeda dg Pilkada yang undang2 sudah jelas.

Begitu juga dalam menjalankan aturan ini sesuai aturan yang ada.Karena kalau ada yang tidak setuju disilahkan untuk mengajukan keberatan ke sengketa Pilkades  dalam waktu 3x24 jam.

" Penyelesaian masalah sengketa Pilkades sudah jelas diatur dengan diselesaikan tim sengketa Pilkades," tandas mantan Asisten I Setdakab Lotim.

Lebih lanjut Taufik menambahkan sebenarnya pada hari ini akan dilakukan penghitungan ulang hasil Pilkades Desa Tanah Gadang. Namun tidak bisa dilaksanakan karena panitia Pilkades tidak lengkap hadir.

Sementara Tim penyelesaian sengketa memberikan informasi terdapat hambatan dalam penyelesaiannya. Tapi yang jelas kewenangan ada dipanitia Pilkades.
" Kami himbau kepada masyarakat Tanah Gadang untuk mengerem diri terlebih dahulu,dengan kedua kubu untuk menenangkan massa pendukungnya," ujarnya.

Sementara Kades terpilih, Kurdi dengan jelas menolak dilakukan penghitungan ulang atas hasil Pilkades Desa Tanah Gadang, karena tentunya akan merugikan dirinya bersama massa yang mendukungnya.

" Kami datang ke kantor PMD Lotim untuk menolak dilakukan penghitungan suara ulang," tegas Kurdi singkat. 07

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.