Piye

Pemuda Lelong II Rayakan Maulid ala Jadul

Persatuan Pemuda Lelong II Desa Persiapan Lelong
SuaraLombok.com | Lombok Tengah - Persatuan Pemuda Lelong II, Desa persiapan Lelong merayakan maulid.

Namun perayaan maulid yang dilaksanakan termasuk berbeda dari tatacara pelaksanaan di sejumlah wilayah lainnya.

Organisasi yang diketuai Zulhadi MPd ini mengemas perayaan maulid Nabi Muhammad S.A.W dengan mengusung perayaan zaman dulu alias perayaan ala jadul.

Dijelaskan Zulhadi, hal itu dilaksanakan agar pemuda terutama anak-anak mengetahui adat budaya perayaan maulid yang sudah banyak ditinggalkan.

“Sengaja kami mengemas seperti itu, diisi khataman Qur’an, shalawat berjamaah dan pastinya begibung dengan menggunakan dulang (Makan bersama di satu wadah-Red),” ungkapnya.

Perayaan ini sendiri dihadiri Ulama kharismatik asal Juring, TGH. Mukti Ali. Selain itu juga dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi NTB, Yik Agil.

“Saya apresiasi atas kegigihan pemuda di sini. Padahal masih desa persiapan tapi kepedulian terhadap kelestarian budaya sangat tinggi, itu patut dipertahankan dan dicontoh oleh daerah lain,” ungkap Yik Agil dalam sambutannya.

Sementara itu, TGH. Mukti Ali dalam tausiahnya menjabarkan bahwa merayakan Maulid Nabi Muhammad S.A.W adalah sebuah keniscayaan bagi seorang muslim. Sebab, hal itu melambangkan kesyukuran telah dilahirkannya sang pemberi syafaat dan penyelamat manusia.

“Yang tidak boleh itu adalah mengisi maulid itu dengan sesuatu yang dilarang agama,” terangnya. (03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.