Piye

Gunung Baru Jari Meletus, Belasan Warga Loteng Meninggal

Letusan Gunung Baru Jari Rinjani
SuaraLombok.com|Lombok Tengah - Gunung Baru Jari sebagai anak Gunung Rinjani kembali meletus.

Ratusan korban luka dan belasan lainnya meninggal dunia akibat terdampak letusan ini.

Warga yang mengalami luka dan meninggal umumnya berasal dari wilayah Karang Sidemen Lombok Tengah dan sekitarnya yang merupakan wilayah kaki Gunung Rinjani.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Lombok Tengah serta tim dari Basarnas dan unsur lainnya langsung melakukan evakuasi terhadap warga.

Tidak luput juga, tenda tanggap bencana dan bantuan segera disalurkan ke lokasi. Makanan siap saji, pakaian bekas, bantuan obat-obatan dan lainnya langsung disalurkan pemerintah daerah kepada korban bencana.

Hal itu merupakan simulasi penanggulangan bencana yang dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan apel uji lapang dokumen rencana  kontijensi erupsi Gunung Baru Jari Rinjani di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara, Kamis (07/12).

Wakil Bupati yang membuka apel dalam sambutannya menyampaikan, rencana kontijensi bencana merupakan salah satu dari 5 jenis dokumen perencanaan yang dibutuhkan dalam manajemen penanggulangan bencana.

Sementara di Lombok Tengah sendiri, terdapat 10 jenis ancaman bencana yang memiliki resiko korban bencana tinggi.

Antara lain, banjir, gelombang ekstrem, gempa bumi, kekeringan, cuaca ekstrim, tanah longsor, banjir bandang, tsunami, kebakaran hutan dan letusan Gunung Rinjani.

“Semoga uji lapangan dokumen rencana kontijensi ini bisa memberi gambaran kepada kita, terutama kepada masyarakat terdampak,” harap Wabup.

Tujuan pastinya, lanjut dia, agar masyarakat selalu waspada dan mampu mengatasi segala resiko yang ada.

“Tetapi tetap teriring doa semoga daerah kita terhindar dari segala bentuk bencana dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT,” katanya sejurus kemudia. (03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.