Piye

Bapenda KLU Klaim Tidak Terima Retribusi Pajak PT BAL

SuaraLombok.com | KLU - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) KLU mengklaim tidak pernah menerima ataupun memungut pajak dan retribusi daerah dari PT Berkat Air Laut (BAL).

"Sampai saat ini kami belum pernah menerima pajak sepeser pun dan dalam bentuk apapun dari PT.BAL," tegas Kepala Dinas Bapeda KLU H.Zulfadli pada awak media.

Zulfadli mengungkapkan, penegasan ini disampaikan sebab pihaknya sering dimintai data terkait itu oleh sejumlah oknum yang mengatas namakan LSM. Tetapi, lanjut Fadli, jika pihak aparat penegak hukum yang meminta tentu pihaknya tidak terlalu mempersoalkan.

"Kalau aparat yang minta sih tidak apa-apa," katanya.

Zullfadli menjelaskan, jika terkait Penarikan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pihaknya juga tidak pernah melakukan penagihan.

Sebab menurutnya pihak PT tidak pernah menyerahkan data dan alamat perusahaannya ke pihak Bapeda.

"Kalau PT.BAL tidak masuk dalam daftar penagihan, mungkin pakek nama lain," kiranya.

Lebih lanjut, jika sewaktu-waktu izin penarikan pajak di keluarkan, pihaknya pun akan melakukan kajian-kajian terlebih dahulu.

"Tentu kita tidak berani menarik lansung, kan Pemda dulu tidak berikan izin," tukasnya.

Sementara dikonfirmasi terpisah, Kepala Disnaker PMPTSP KLU melalui Kabid Perizinan Suryadin mengatakan, sementara ini pihaknya sudah mengeluarkan dua izin untuk PT BAL, yaitu Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (IPPT).

"Dua izin ini sudah ditarik retribusinya, dan bukan menjadi landasan untuk menarik pajak daerah," jelasnya.

"Jika daerah akan menarik pajak, tentu mereka (PT.BAL -Red) harus mengantong izin operasional dulu," sambungnya.

Suriadin menegaskan, pajak tersebut akan bisa di tarik apabila pihak pemda dan PT.BAL sudah menjalin kerjasama dalam hal ini kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPUB).

"Kan sementara ini PT.BAL belum punya itu, jadi tidak ada dasar untuk menarik pajak," pungkasnya. (08)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.