Piye

Air Terjun Batu Gajah, Potensi Wisata yang Masih Terpendam

Air Terjun Batu Gajah di Sekotong Tengah
SuaraLombok.com | Lombok Barat - Selain potensi wisata embung, Sekotong Tengah memiliki potensi wisata lainnya.

Salah satunya adalah air terjun alami yang memiliki keindahan memikat.

Sayangnya, wisata air terjun alami ini belum diketahui banyak orang. Bahkan, Pemda Lobar sendiripun tampak acuh terhadap keberadaan wisata potensial ini.

Air terjun dinamakan warga setempat sebagai air terjun ‘batu gajah’.

Letaknya sekitar 500 meter sebelah Barat jalan utama di Dusun Telaga Lebur. Lokasi wisata air terjun tersebut dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari balai desa.

Pesona air terjun batu gajah semakin bertambah karena jejeran bebatuan besar mengapit aliran air terjun tersebut.

Jika dilihat sekilas, deretan bebatuan itu mirip gajah besar yang sedang duduk.

Tidak hanya itu, di sekitar lokasi terdapat sejenis gambar kaki yang cukup besar melebihi telapak kaki orang dewasa normal.

Sekdes Sekotong Tengah, M Rasid menuturkan, beberapa meter di sebelah kanan air terjun terdapat goa yang dinamakan goa seribu kelelawar yang menambah eksotis lokasi ini.

Konon di lokasi ini di kawasan goa ini, sering digunakan warga sebagai tempat pemujaan penganut islam ‘Wetu Telu’ yang disebut dengan istilah ‘pedewaq’.


“Itu sebenarnya adalah potensi wisata di desa kami, tapi kami sadar masih belum digarap maksimal,” ungkap Rasid.

Kades Sekotong Tengah, Lalu Sarappudin menyatakan, Pemdes sudah mengambil ancang-ancang untuk mengembangkan objek wisata ini.

"Kami berencana akan bangun tempat yang nyaman bagi pengunjung," janjinya.

Bahkan lebih dari itu, Pemdes berencana akan memadukan wisata di desa ini, antara lain ekowisata Mangrove, Batu Nangkok, Embung Telaga Lebur, Goa Kelelawar, Air Terjun Pedewaq, Pasar Kuliner, Kolam Pemancingan, Artshop dan segala hal yang berhubungan dengan pariwisata.

“Rencananya di tahun 2018 kami akan anggarkan untuk mendukung potensi pariwisata di desa kami,” lanjutnya. “Sehingga kami berharap ada perhatian juga dari Pemda Lobar dan provinsi untuk itu,” tambahnya. (05)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.