Piye

Bendungan Batujai jadi Sasaran Tanam Pohon Kementerian PUPR

Oleh Wabup dan pihak Kementerian PUPR
SuaraLombok.com|Lombok Tengah - Bendungan Batujai di Lombok Tengah menjadi salah satu sasaran penanaman pohon yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.
Penanaman bersama Pemkab Loteng ini merupakan gerakan peduli mitigasi bencana.
Tidak hanya itu, kementerian juga mengedukasi masyarakat tatacara mengelola sampah yang baik dan benar.
Kepala Pusat Air dan Tanah PUPR RI, Dwi Sugianto menjelaskan, gerakan peduli mitigasi bencana itu dalam rangka perlindungan dan optimalisasi pungsi situ, danau, embung, waduk dan sumber air permukaan lainya.
“Kita lakukan kegiatan serupa di 34 Provinsi untuk mewujudkan kota tanpa kumuh,” ungkapnya.
Lebih jauh dikatakan, banyaknya penebangan pohon yang tidak sesuai dengan prosedur termasuk illegal loging menjadi salah satu penyebab bencara yang terjadi.
Sehingga, pihaknya mengajak seluruh elemen untuk menjaga waduk dan bendungan serta menjaga dan menanam pohon sebisa mungkin untuk generasi yang akan datang.
“Dan Pemerintah Daerah harus ikut terlibat untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan masing-masing,” katanya.
Sementara itu Wabup Loteng, Lalu Pathul Bahri menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PUPR karena telah mempercayai Lombok Tengah untuk dijadikan lokasi penghijauan.
“Menanam pohon adalah salah satu cara untuk menjaga daerah kita dari bencana, terlebih saat ini banyak sekali fenomena alam yang tidak jarang disebabkan karena ulah dari tangan manusia sendiri yang menebang pohon serta membuang sampah sembarangan. Untuk itu kami berharap dengan adanya kegiatan ini sebagai awal untuk berbenah kedepanya,” ungkap Wabup. (03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.