Piye

Terbongkar! Ratusan Sekolah Tak Berizin di Lotim

SuaraLombok.com | Lombok Timur - Ratusan Sekolah Dasar (SD) di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lombok Timur tidak berizin.

Data yang dihimpun, ternyata hingga kini ratusan sekolah termasuk yang berstatus negeri itu belum memiliki ijin operasional dalam menjalankan aktivitasnya. Terutama sekolah yang berdiri dibawah tahun 2000.

"Kami akui itu, ada ratusan SD belum ada ijin operasionalnya hingga saat ini," aku Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Dikbud Lotim, Muhir kepada Suara Lombok.

Meski begitu, bukan berarti sekolah dasar itu dalam menjalankan proses kegiatan belajar mengajarnya ilegal. Melainkan legal karena sudah ada Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

"NPSN itulah pengganti ijin operasional tersebut, tapi silahkan cek terlebih dahulu di sekolah SD dan tanyakan apakah sudah ada ijinnya ataukah tidak," ujarnya.

Tidak adanya izin operasional sekolah menyebabkan pihaknya kesulitan mengurus sekolah bersangkutan ketika ada bantuan dari pusat.

Sebab, seringkali pihak pusat meminta ijin operasional sebagai syarat untuk memperoleh bantuan.

"Kami sedang carikan formulasi agar sekolah yang belum ada ijin operasionalnya dapat bantuan. Pastinya, mengacu pada aturan perundangan yang ada," tandasnya. (07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.