Piye

RSUD Tanjung Siap Layani Wisman

SuaraLombok.com | Lombok Utara - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung, Lombok Utara siap melengkapi fasilitasnya dengan membuka perawatan khusus pasien mancanegara penyakit akibat aktifitas wisata penyelaman (Diving).

Hal ini menyusul tingginya jumlah pasien wisatawan penderita Kram dan beberapa jenis penyakit sejenis yang membutuhkan perawatan khusus berbasis Chamber Hiyperbarik berteknologi tinggi.

"Selama berapa tahun terakhir, wisatawan banyak sekali yang mengalami kecelakaan olahraga selam maupun beberapa penyakit serupa yang belum mampu ditangani pihak RSUD," ungkap kepala RSUD Tanjung dr.H lalu Muhamad saat di konfirmasi, senin kemarin.

Muhammad menjelaskan, pihaknya sebenarnya telah memiliki perencanaan teknis terkait penyediaan sarana kesehatan berbasis Tourism Medical yang dilengkapi peralatan untuk penanganan penyakit akibat aktifitas selam seperti alat Chamber Hyperbaric, Namun peralatan tersebut cukup mahal dan perlu kompetensi tenaga medis khusus yang akan mengoperasikan alat chamber tersebut.

“Karna peralatan teknologi chamber tidak ada, Selain itu  sumberdaya manusia (SDM) di internal RSUD juga masih minim," imbuhnya.

Disebutkan Muhammad, pihaknya telah mengkalkulasi anggaran pengadaan peralatan terapi chamber hyperbaric standar internasional dimana harga nya senilai Rp.15 miliar, lengkap dengan sarana prasarana ruangan dan peralatan pendukung.

Namun anggaran sebesar itu ditegaskan Muhamad belum tersedia di BLUD RSUD, karenanya pihaknya akan mengajukan pada APBD 2018. Bahrudin berharap usulan pengadaan alat Chamber itu mendapat dukungan TAPD dan banggar DPRD, agar pelayanan berbasis tourism medical dapat diwujudkan tahun depan.

"Semoga saja nanti anggarannya bisa di setujui dan pada 2018 ini bisa terealisasi," pungkasnya. (Cr-08)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.