Piye

Kodim Lotim Pecahkan Rekor Nobar Film PKI

Kodim Lotim Pecahkan Rekor Nobar Film PKI
SuaraLombok.com | Lombok Timur - Dari seluruh Kodim di bawah naungan Korem 162/WB, Kodim 1615/WB Lotim pecahkan rekor nonton bareng G30S/PKI.

Kodim Lotim berhasil berhasil pecahkan rekor ini dengan jumlah penonton mencapai 40 ribu orang.

“Itu data yang kami terima dan kami sangat bangga dengan itu,” ungkap Dandim 1615 Lotim, Letkol. Inf. Agus Suhendar saat dalam nonton bareng di DPD PKS Lotim.

Ia menjelaskan data yang begitu banyak tersebut karena kegiatan nonton bareng itu diputar di 20 kecamatan se-Lotim. Sementara  jumlah koramil sebanyak 11 unit di Lotim.

Dengan tentunya banyak masyarakat, lembaga pendidikan yang meminta untuk diputarkan film yang menjadi sejarah kelam bangsa ini.

“Permintaan masyarakat terus berdatangan untuk diputarkan film penghianatan G 30 S-PKI tersebut,” bebernya.

Lebih lanjut orang nomor satu di lingkup Kodim 1615 Lotim ini menambahkan, kegiatan nonton bareng ini dilakukan atas perintah panglima TNI yang harus dijalankan di seluruh kesatuan di bawahnya.

Hal itu karena memiliki arti dan manfaat bagi masyarakat agar mengetahui sejarah kelam bangsa ini.

Sementara itu pada tahun 1965 merupakan puncak dari faham komunis yang telah dididik belahan bumi komunis China dan Uni Soviet. Namun akhirnya berhasil ditumpas oleh TNI bersama jajarannya.

Selain itu, keberadaan faham komunis itu merupakan yang dilarang berdasarkan Tap MPR No.25/1966. Menyangkut tiga point pembubaran PKI, pelarangan PKI dan organisasi underbown serta larang pengajaran pemahaman komunisme dan sekularisme.

“Dengan adanya pemutaran film ini bisa mengenang kembali peristiwa bersejarah kelam bangsa ini, karena PKI merupakan bahaya laten, bahkan Bung Karno juga mengatakan jangan melupakan sejarah,” tambahnya. (07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.