Piye

HUT Lembar Selatan, Pepadu Berlaga Sebulan Penuh

HUT Lembar Selatan, Pepadu Berlaga Sebulan Penuh
SuaraLombok.com | Lombok Barat - Dalam rangka memeriahkan HUT Desa Lembar Selatan ke-6, Pemdes setempat bekerjasama dengan Kodim 1606/Lobar menggelar pagelaran seni dan budaya selama sebulan penuh.

Salah satunya adalah budaya presean atau prisaian yang menjadi salah satu budaya yang memperagakan antara seni bela diri, tari, ketangkasan menyerang lawan dengan rotan dan menangkis serangan dengan prisai .

Dalam sambutannya, Kepala Desa Lembar Selatan L Sadikin mengatakan, pagelaran presean ini sebagai bentuk kecintaan terhadap budaya leluhur.

"Pagelaran peresen ini adalah sarana kita silaturrahmi, menguji ketangkasan dan juga menyatu dengan masyarakat atau pepadu-pepadu yang ada di Lombok,” ungkapnya.

Sebagai ajang pembuka, dua pemuda dari Kecamatan Lembar dan Kecamatan Sekotong beradu kecekatan bermain presean yang disaksikan langsung Dandim Lobar, Letkol CZI Joko Rahmanto di Lapangan Kantor Desa Lembar Selatan.

Sementara Dandim 1606/Lobar, Letkol CZI Joko Rahmanto mengatakan, gelaran semacam ini bermanfaat bagi kelestarian budaya leluhur.

“Acara seperti ini harus terus digelar setiap tahunnya. Saya yakin pagelaran semacam ini bisa membantu kami menjaga Kamtibmas di Lombok Barat,” katanya.

Ia juga tidak lupa berpesan dan berharap agar masyarakat bisa membantu kerja keras TNI dan Polri dalam menjalankan tugas dan fungsinya di tengah masyarakat terutama untuk menjaga Kamtibmas. (07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.