Piye

Bumdes Mart Lima Desa Di KLU Digelontor 1,5 Miliyar

Bumdes Mart Lima Desa Di KLU Digelontor 1,5 Miliyar
SuaraLombok.com | Lombok Utara - Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) telah menetapkan lima desa yang terletak di 5 kecamatan akan resmi memiliki BUMDES Mart pada akhir tahun ini. Lima desa yang terletak di 5 kecamatan di wilayah KLU tersebut merupakan desa perwakilan dari masing - masing kecamatan.

"Nanti ada lima desa yang mewakili masing - masing kecamatan yakni Anyar yang ada di Kecamatan Bayan, Desa kayangan Kecamatan Kayangan, Desa Gondang Kecamatan Gangga, Desa Sokong Kecamatan Tanjung, dan Desa Pemenang Barat Kecamatan Pemenang," ungkap Kepala Dinas BP2KBPMD. H. kholidi, Rabu (11/10).

Ia menjelaskan, terkait penetapan lokasi pihaknya tidak serta merta mengacu berdasarkan proposal yang diajukan oleh masing - masing desa, melainkan juga melihat dari segi kesiapan dari desa tersebut.

"Ini dilakukan analisa dulu oleh tim kajian dari Unram yang bekerja sama dengan Bapeda setempat untuk menentukan desa yang pas untuk didirikannya BUMDES Mart, sehingga sudah di tentukan 5 desa tersebut ," jelasnya.

Lebih lanjut, untuk membuktikan kesiapannya pemerintah kabupaten akan menggelontorkan Anggaran sebesar 1,5 Milyar yang murni di peruntukan untuk membangun maupun rehap di tiap - tiap desa yang sudah di tentukan yang nanti akan bersumber dari APBDP dan untuk SK pihaknya sedang melakukan persiapan.

"Untuk masing Bumdes mart nanti akan di berikan dana sekitar 300 juta ini untuk membangun dan rehab. Sedangkan untuk permodalan akan di wajibkan masing - masing desa calon penerima untuk mengalokasikan modal kerja melalui APBDES baik itu ADD maupun DD. Ya minimal 100 juta. Bahkan bisa lebih tergantung desa itu sendiri ," terangnya.

Sementara untuk kesiapannya lima desa tersebut diharapkan telah siap menjadi Desa percontohan BUMDES mart dalam tiga bulan ke depan. "Kalau untuk target Kita sudah targetkan dalam jangka waktu 3 bulan ini semua sudah rampung, " pungkasnya. (Cr -08)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.