Piye

Tidak Hanya Izin, Ritel Modern Bermain dengan Nyawa

Tidak Hanya Izin, Ritel Modern Bermain dengan Nyawa
SuaraLombok.com | Lombok Tengah - Tidak hanya melanggar Perbup, ternyata ritel modern seperti Alfamart dan Indomaret melakukan pelanggaran berat lainnya.

Bahkan, pelanggaran yang satu ini menyangkut nyawa manusia karena berhubungan dengan obat.

Bagaimana tidak, di Lombok Tengah terbongkar jika ritel modern yang sudah menjamur saat ini tidak memiliki izin sama sekali untuk menjual obat. Terutama dari Dinas Kesehatan (Dikes) setempat.

Tetapi faktanya, sejumlah obat hingga alat kontrasepsi juga dijual di tempat ini.

Kabid Sumber Daya Kesehatan Dikes Loteng, H Sahlan membeberkan, sejak awal keberadaan ritel modern di Loteng, izin penjualan obat tidak pernah sama sekali diurus di instansinya.

Obat yang dijual ritel modern ini juga jenis biru yang seharusnya memiliki izin dari Dikes setempat.

“Tidak ada izin itu, illegal dong,” bebernya.

Lebih jauh, hal ini sebenarnya sudah lama diketahui. Ia mengaku pihaknya sudah berulang kali melayangkan surat teguran kepada pihak ritel.

“Tidak hanya teguran, kami berikan pembinaan tatacara mengurus izin dan penjualan obat, tapi ya begitu, masih belum ada yang datang mengurus,” sambungnya.

Menindak lanjuti hal ini, pihaknya sudah berkomunikasi dengan BPOM untuk segera bertindak. Termasuk dengan Dinas Perdagangan untuk menyelesaikan masalah ini.

“Kalau masyarakat salah-salah beli obat, bisa fatal, makanya perlu ada izin karena nanti akan ada legalitas dan diharuskan ada orang yang benar-benar ahli dalam hal obat-obatan,” jelasnya. (03)

Baca juga :

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.