Piye

Sigap Bencana BPBD NTB Rancang Dokumen Kontijensi

Sigap Bencana BPBD NTB Rancang Dokumen Kontijensi
SuaraLombok.com | Mataram - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Rapat Koordinasi "Penyusunan Dokumen Rencana Kontinjensi Gempa Bumi Berpotensi Tsunami di Senggigi Kabupaten Lombok Barat", bertempat di Hotel Lombok Raya.

Dalam hal ini, BPBD menggandeng seluruh stakeholder yakni dari lingkup pemerintah, pengusaha, dan juga masyarakat. Penyusunan dokumen yang diagendakan selama dua hari ini dimaksudkan untuk menciptakan suatu tindakan yang terorganisir ketika menghadapi bencana.

"Ini merupakan skenario semua unsur yang ada yang nantinya siapa berbuat apa, dimana, dan kapan. Sehinggga ketika kejadian tidak ada lagi saling tunjuk, namun sudah ada satu komando", jelas kepala pelaksana BPDD NTB, Ir. H. M. Rum, MT.

Penyusunan dokumen ini dirasanya sangat penting mengingat NTB, khususnya Karena Lombok saat ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang juga dinilai mampu mendatangkan investor dalam pembangunan infrastrukturnya.

"Minimal investor punya acuan potensi bencana terhadap suatu daerah ketika ingin berinvestasi, dan mereka bisa yakin untuk investasi,” tegasnya.

Adapun stakeholder yang dilibatkan dalam penyusunan dokumen ini antara lain Diinas Sosial NTB, Dinas Perumahan dan Permukiman NTB, Dinas Pekerjaan Umum NTB, Dinas Perhubungan, PLN, PDAM, dan juga PT. Telkom. (cr-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.