Piye

Rekor Muri Gagal Dipecahkan Karena Kurang Duit

Rekor Muri Gagal Dipecahkan Karena Kurang Duit
SuaraLombok.com | Lombok Timur - Kegiatan Alunan Budaya Pringgesela gagal memecahkan Rekor Muri. Padahal, panitia penyelenggara tahun ini sudah merencanakan akan memecahkan rekor Muri.

Hal ini diduga disebabkan karena dukungan dari Pemkab Lombok Timur dan Pemprov. NTB yang sangat kurang. Kegiatan ini justru dilaksanakan hanya dengan biaya swadaya masyarakat.

“Sebenarnya kami sudah mengagendakan dalam kegiatan alunan budaya Pringgesela akan mecahkan rekor Muri dengan hadirkan penenun sebanyak 1.350 penenun, namun dukungan yang kurang,” kata tokoh pemuda Pringgesela, Heri kepada Suara Lombok.

Hal ini juga ditegaskan Ketua Panitia Penyelenggara, Eka Karisma Noviandi yang mengatakan, tahun lalu sebenarnya pemerintah sempat berkomitmen untuk membantu acara ini. Yaitu dengan memberikan dukungan dana.

Kenyataannya, sampai saat ini tidak ada realisasinya sehingga komitmen dari pemegang kebijakan disoal.

“Seharusnya janji harus ditepati, tapi apa yang terjadi justru sampai hari pelaksanaan kegiatan tidak ada bantuan yang diberikan,” keluh Eka Karisma.

Ia menjelaskan pihaknya hanya bisa memberikan ide saja, sedangkan masalah pendanaan tentunya harus mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah.

Karena biar bagaimanapun juga kegiatan budaya ini tentunya akan bisa memberikan daya tarik bagi wisatawan berkunjung ke Lotim.

“Bagaimana budaya akan bisa dilestarikan dengan baik kalau pemerintah kurang peduli,” tambahnya.

Sementara Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Lotim, L. Suandi berjanji akan memberikan perhatian yang lebih terhadap kegiatan ini. Sehingga apa yang diharapkan masyarakat Pringgesela bisa terlaksana dengan baik tahun depan.

“Tahun depan Dinas PDK bisa mengambil bagian dari kegiatan ini dengan akan menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan masyarakat Pringgesela,” tegas Suandi.

Bupati Lotim, HM. Ali BD dalam sambutannya mengatakan sangat menyambut baik terhadap kegiatan alunan budaya ini. Dengan harapan bisa meningkatkan prekonomian masyarakat Pringgesela kearah yang lebih baik.

“Tahun depan saya akan berikan bantuan dan perhatian yang khusus atas kegiatan ini, karena ini sangat bagus,” tandas Ali BD. (07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.