Piye

Pasukan Ngeremrasa Siap Amankan Pilkada Serentak NTB 2018

Pasukan Ngeremrasa Siap Amankan Pilkada Serentak NTB 2018
SuaraLombok.com | Mataram - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2018, Polda NTB melaksanalan apel Gelar Pasukan "Operasi Ngeremrasa Gatarin-2017" dalam rangka menciptakan kondisi Kamtibmas yang kondusif.

Kepala Polisi Daerah (Kapolda) NTB Brigjen. Pol Drs Firli M.Si  saat membina upacara menyampaikan apel tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan akhir personel beserta kelengkapannya yang terlibat dalam operasi cipta kondisi menjelang Pilkada 2018 di NTB.

"Polri harus bertindak secara profesional dalam melaksanakan tindakan kepolisian baik preemtif, preventif, maupun represip", ucapnya Jenderal Bintang satu tersebut usai upacara.

Tahapan penyelenggaraan Pilkada pada tahun 2018 saat ini telah dan sedang berlangsung. Yang mana, titik puncaknya pada pemilihan suara Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota di NTB.

Baca juga Pilkada NTB :

Kapolda mengungkapkan berdasarkan kegiatan Pilkada wilayah NTB sebelumnya, potensi terjadi kerawanan dan konflik sangat tinggi. Hal itu di pengaruhi oleh persaingan politik para calon dan pendukung, karakteristik masyarakat, serta pemahaman yang kurang pada masyarakat mengenai aturan-aturan dalam Pilkada.

"Memberikan pemahaman hak dan kewajiban yang harus dilakukan masyarakat pada saat dimulainya tahapan Pilkada sangatlah penting, sehingga nantinya ada persamaan persepsi dalam pelaksanaannya", jelasnya.

Selain itu, terjadinya gangguan Kamtibmas baik kejahatan jalanan maupun kejahatan masyarakat juga mengganggu kemanan, kelancaran dan suksesnya penyelenggaraan Pilkada. Oleh karena itu, Polda NTB menggelar operasi Kepolisian kewilayahan dengan sandi "Ngeremrasa Gatarin-2017".

Ngeremrasa merupakan penggalan bahasa daerah dari kearifan lokal bahasa Sasak, Sumbawa, Bima Dompu, yakni "Ngemong, Rembuq , Rawi, dan Sabalong" yang mengandung arti Mengayomi, Musyawarah, Kerja dan Terbaik.

Oprasi yang akan dilaksanakan selama 30 hari ini (11 September-10 Oktober) akan menggelar 351 personel, terdiri dari 66 personel Polda NTB, dan 265 personel Polres Jajaran. (cr-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.