Piye

Miris! TKW Ini Kerja Tanpa Gaji Selama 10 Tahun

Miris! TKW Ini Kerja Tanpa Gaji Selama 10 Tahun
SuaraLombok.com | Lombok Tengah - Kekejaman terhadap TKW kembali terjadi.

Kali ini menimpa Aminah (36) TKW asal  Desa Teroai Kecamatan Pujut yang bekerja di Yordania sebagai pembantu.

Aminah bekerja selama 10 tahun dan tidak pernah sama sekali diberikan gaji oleh majikannya.

Dia terpaksa kabur dari tempatnya bekerja dan melaporkan kasus yang menimpanya ke KBRI di Yordania.

Dia  kemudian dipulangkan ke Lombok Tengah oleh Kementerian Tenaga Kerja RI dan diserahkan langsung secara simbolis kepada pihak keluarga di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Teransmigerasi (Disnakertrans) Lombok Tengah, Jum’at (8/9).

Kepala Disnakertrans Loteng, H Masrun menyampaikan, Aminah dipulangkan oleh pihak KBRI melalui Kementerian Tenaga Kerja setelah ditampung di KBRI selama dua tahun.

“TKW kita ini pergi ke Yordania tahun 2005, tahun 2015 kabur dari majikanya karena tidak pernah mendapatkan gaji,” beber Masrun.

Lebih jauh dijelaskan, pihak KBRI sempat mengupayakan agar gaji Aminah selama 10 tahun dibayarkan oleh majikannya. Tetapi hingga kini masih belum ada kejelasan sama sekali.

Sementara Aminah saat ditanya terkait kasus yang menimpanya mengaku, selama bekerja dia hanya mendapat janji dari majikan untuk membayar gajinya.

“Kalau saya tagih selalu dijawab nanti, 10 tahun hanya dapat janji dan bekerja tanpa digaji sedikitpun,” akunya.

Meski begitu, ia mengaku tidak pernah diperlakukan kasar oleh majikanya.

“Saya cuma dilarang posting poto di Facebook sehingga tidak ada yang tau. Ketika saya posting poto saya baru ada yang kasih saran agar melapor ke KBRI,” tuturnya.

Ia berharap, pemerintah tetap mengawal kasusnya dan berharap agar haknya bisa dibayar oleh majikannya dengan pengawalan dari KBRI. (03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.