Piye

Kejadian Luar Biasa Ini Terjadi Saat Aksi Peduli Rohingya

Kejadian Luar Biasa Ini Terjadi Saat Aksi Peduli Rohingya
SuaraLombok.com | Mataram - Pemandangan tidak biasa terjadi saat aksi dukung Muslim Rohingya, Senin (4/9) di Mataram.

Saat ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Kemanusiaan Peduli Myanmar pagi tadi mengecam Aung San suu Kyi dan Militer Myanmar, tiba-tiba Gubernur NTB, TGH. Zainul Majdi keluar dari kantornya.

Pria yang akrab disapa TGB itu tidak tinggal diam hanya mendengarkan orasi massa. Ia ternyata menyempatkan diri berorasi dalam aksi itu.

Dalam orasinya, TGB ikut menyuarakan pengecaman terhadap militer Myanmar dan menyatakan bahwa yang terjadi pada muslim Rohingya tidak hanya terkait dengan isu agama, namun hal itu adalah isu kemanusiaan.

“Selama RI ber-UUD yang mana dalam pembukaannya bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, segala macam penindasan harus dihilangkan, martabat kemanusiaan harus ditegakkan dan dimuliakan. Semua hal hal yang bertentangan dengan nilai-nilai itu adalah bertentangan dengan nilai-nilai kebangsaan kita. Maka terkait ini kita semua satu suara untuk menghentikan penindasan terhadap saudara-saudara kita di Myanmar,” ujar TGB lantang dalam orasinya.

Tak hanya itu, TGB menyatakan bahwa penindasan yang terjadi di Myanmar terhadap muslim Rohingya merupakan sikap kebrutalan militer Myanmar yang kehilangan akal sehat dan perbuatan yang gila.

“Saya mengajak kita semua, lintas organisasi maupun lintas agama kita menyuarakan perlawananan karena ini bertentangan dengan nilai-nilai fundamental yang kita yakini dalam nilai-nilai kebangsaan kita dan nilai-nilai agama yang kita yakini bersama,” sambungnya menggunakan pengeras suara yang dibawa massa aksi.

Lebih dari itu, TGB mengingatkan kepada seluruh massa aksi untuk menjaga rasionalitas dan akal sehat dalam menyikapi permasalahan tersebut.

Jangan sampai persoalan Muslim Rohingya menyebabkan perpecahan antar umat beragama, terutama di NTB yang terkenal dengan kedamaiannya selama ini. (cr-04)

Baca juga :

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.