Piye

Forikan KLU Di Ganjar Sebagai Yang Terbaik Se - NTB

SuaraLombok.com | Lombok Utara - Forum Gemar Makan Ikan (Forikan) Kabupaten Lombok Utara didaulat sebagai Forikan Terbaik se-NTB atas kinerjanya mengkampanyekan gemar makan ikan hingga ke tingkat Kecamatan, Desa, dan sekolah-sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Apresiasi ini diberikan langsung oleh Ibu Wakil Gubernur NTB, kepada Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lombok Utara, Hj. Rohani Najmul Akhyar, pada Lomba Masak Serba Ikan tingkat Provinsi NTB.

Penghargaan yang diterima Forikan KLU merupakan legitimasi atas kampanye gemar makan ikan yang sudah meluas hingga ke masyarakat, bahkan menyasar sampai lembaga PAUD," ujar ketua PKK Porikan KLU Rohani Najmul Akhyar kepada Suara Lombok.

“Baru KLU yang membentuk Forikan tingkat desa dan kita sosialisasikan sampai tingkat sekolah dan PAUD. Terbentuknya Forikan Kecamatan dan Desa sudah 1 tahun lebih dan terus kita berikan pembinaan," ungkap Ibu Bupati.

Sebagai motifasi menggerakkan partisipasi masyarakat, Forikan Kabupaten memberikan dana pembinaan kepada kelompok PKK Kecamatan, PKK Desa, agar lebih kreatif menciptakan menu ikan bagi konsumsi masyarakat, khususnya keluarga.

Selain itu, Rohani juga mendorong alokasi dana dari ADD untuk TP PKK Desa hingga Dusun. Tujuannya, agar Forikan KLU semakin dirasakan dan menyentuh langsung pada pola konsumsi masyarakat.

Lanjutnya, saat ini KLU memiliki potensi sumber penghasil ikan di sepanjang 125 km pantai KLU. Hanya saja, rendahnya konsumsi ikan di masyarakat seolah masih melekat di masyarakat KLU. Untuk itu, ia tidak ragu mendukung penuh rencana Dishub Kanlut KLU untuk membentuk Pasar Khusus Sentra Ikan di Lombok Utara, tepatnya di Dusun Kerakas, Desa Segara Katon, Kecamatan Gangga.

“Rencana adanya Pasar sentra ikan di KLU sangat bagus, saya sangat setuju karena KLU tidak lagi kirim hasil tangkapan ke luar daerah, tapi masyarakat bisa dapat ikan yang lebih segar,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala Dishublutkan KLU, Agus Tisno, S.Sos., menambahkan gerakan Forikan akan disinergikan dengan program dinas. Caranya dengan memperluas akses sumber produksi ikan baik ikan laut maupun ikan air tawar.

Konsumsi ikan bukan hanya ikan laut tapi ikan air tawar juga. Saat ini kita menggalakan budidaya ikan air tawar di 5 Kecamatan," ungkapnya. (Cr-08)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.