Piye

Dianggap Pilih Kasih Ali BD Nyatakan Ini

Dianggap Pilih Kasih Ali BD Nyatakan Ini
SuaraLombok.com | Lombok Timur - Bupati Lombok Timur, H.M.Ali BD dianggap pilih kasih dalam memberikan perhatian terhadap upaya pelestarian budaya di Lotim dengan daerah lainnya. Pasalnya dalam kegiatan tenun sesek Sukarara Loteng beberapa waktu lalu Bupati Lotim ini memberikan bantuan cukup besar senilai 100 juta, sementara dalam kegiatan yang sama di Lombok Timur, Alunan Budaya Daerah Pringgesela yang merupakan wilayah teritorialnya Ali BD hanya menyumbang Rp 25 juta.

"Masak kegiatan budaya di Pringgesela hanya diberikan bantuan Rp 25 juta, sedangkan kegiatan tenun di Sukarara diberikan sebesar Rp 100 juta," kata salah seorang tokoh pemuda Pringgesela Selatan, Mursyid Azmy kepada Suara Lombok.

Ia menjelaskan seharusnya Bupati Lotim memberikan dukungan yang penuh terhadap kegiatan alunan budaya tersebut. Dengan menghadirkan ribuan penyesek atau penenun yang ada di wilayah Kecamatan Pringgesela.

Namun apa yang terjadi justru kegiatan budaya tenun Sasak Sukarara yang bukan wilayah pemerintahannya itu yang diberikan anggaran besar. Sedangkan di Pringgesela sendiri hanya sekedarnya saja, sehingga terkesan tidak adil.

"Seharusnya Ali BD lebih prioritaskan kegiatan yang ada di Lotim,ketimbang di Kabupaten orang lain," tambah Mursyid Azmy.

Hal yang sama dikatakan tokoh masyarakat Pringgesela, H. Abdul Azim menegaskan sangat menyayangkan sekali dengan kurangnya perhatian pemerintah daerah terhadap kegiatan alunan budaya Pringgesela tersebut. Padahal sebelumnya dari Pemprov dan Pemkab Lotim sudah memiliki komitmen untuk membantu penyelenggaraan tahun ini, namun dalam realisasinya tidak ada.

"Bagaimana wisata dan budaya akan maju dan dilestarikan kalau pemerintahnya tutup mata terhadap potensi yang ada," ujar Abdul Azim.

Sementara ditempat terpisah Bupati Lotim, HM.Ali BD berjanji kedepannya akan memperhatikan kegiatan yang dilakukan masyarakat Pringgesela. Dengan akan memberikan anggaran yang cukup untuk mensukseskan kegiatan alunan budaya.

"Tahun depan saya akan membantu kegiatan ini agar apa yang diharapkan masyarakat bisa berjalan," tandas Ali BD. (07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.