Piye

Bobol ATM Di Trawangan, Tiga WNA Bulgaria Ditangkap

Bobol ATM Di Trawangan, Tiga WNA Bulgaria Ditangkap
SuaraLombok.com | Lombok Utara - Satuan Reskrim Polres Lombok Utara (Lotara) berhasil menangkap tiga pelaku pembobol mesin ATM bank BRI yang berada di depan hotel vila ombak Gili Trawangan Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang kabupaten lombok utara (KLU), Sabtu (16/9). Ketiga pelaku ditangkap setelah tim Satreskrim Polres Lotara menyelidiki kasus pembobolan mesin ATM yang terjadi pada tanggal 2 Agustus 2017 lalu.

Pelaku diciduk Sesuai laporan No. LP/ 61/VIII/2017/NTB/Res Lotara, tanggal 2 agustus 2017. Tim Satreskrim Polres kemudian melakukan giat lidik dan berhasil mengungkap kasus pembobolan mesin ATM. Mereka diduga adalah jaringan pembobol mesin ATM Bali-Lombok. Demikian diungkapkan Kasat Reskrim Polres Lotara, AKP. Kadek Matrie, Minggu (17/9).

Pelaku tertangkap tangan di lokasi mesin ATM Sabtu (16/9) sekitar pukul 07:10 WITA, depan hotel vila ombak Trawangan. Saat itu pelaku akan mengambil kembali alat memori yang dipasang pada mesin ATM,"terangnya.

Kronologisnya, lanjut Matrie, pada saat penangkapan, pelaku tertangkap tim Sat Reskrim polres Lotara yang melaksanakan giat lidik di TKP selama dua hari. Pelaku dibekuk saat sedang mengambil rekaman memori yang dipasangnya di mesin ATM.

Diungkapkannya, awalnya dua pelaku tertangkap tangan di TKP. Masing-masing bertugas sebagai pembobol dan seorang diantaranya mengawasi diluar. Diketahui, pelaku sehari sebelumnya sudah mencongkel mesin ATM dan memasang memori perekam dan hari ini pukul 07.10 WITA. Pada saat ditangkap, pelaku akan mengambil kembali rekaman alat yang sudah di pasang pada mesin ATM.

Melalui memori yang di pasang pelaku di mesin ATM, kata Matrie, selanjutnya dikembangkan. Alhasil satu orang pelaku lainnya ditangkap dipenginapan di hotel Diva Klui Pemenang dan berhasil menyita  uang dan alat-alat yang digunakan.

Mereka ditangkap tanpa perlawanan. Ketiga pelaku, Velev Vladimir (44) laki-laki kewarganegaraan Bulgaria dengan No Pasport 384448470, Stanep Stanco (39) laki-laki kewarganegaraan Bulgaria No Pasport 384725020. Yang ketiga adalah Harisov Mitko Venalinovo (43) warga negara Bulgaria dengan No Pasport 384761241,"sebutnya.

Dari barang bukti yang berhasil diamankan adalah 2 unit Alat Skrimer ATM BRI, Uang Rp 46.899.000 dan 2 lembar uang dolar. Berikut 1 Buah alat pencongkel yang terbuat dari besi dan 3 buah HP merk Samsung. Selanjutnya 2 buah dompet masing-masing milik pelaku, Kartu member piknes 5 kotak, 1 Set konci elektronik, 3 buah tang, 1 buah Laptop terakhir adalah 3 buah bola  lampu.

Kita akan menindaklanjuti kasus ini dengan memeriksa saksi-saksi untuk melengkapi proses penyelidikan kita akan geledah kamar tersangka untuk selanjutnya akan berkoordinasi dengan Kedutaan Bulgaria,mereka ini jaringan pembobol ATM Bali-Lombok"pungkasnya. (Cr-08)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.