Piye

Bak Penampungan Dispertanak Terkesan Mubazir

Bak Penampungan Dispertanak Terkesan Mubazir
SuaraLombok.com | Lombok Barat - Jaringan Pipa Sanitasi Air Permukaan atau bak penampung milik Dispertanak Lobar terkesan mubazir.

Pipa yang berada di Dusun Tendaun Desa Mareje Timur Kecamatan Lembar Lobar ini tidak pernah difungsikan dengan baik.

Diduga penyebabnya karena perencanaan yang tidak matang. Hal itu terbukti dari letak bak penampungan yang dibuat lebih tinggi dari permukaan tanah dan mata air yang disedot.

Pengakuan warga setempat, pada awalnya, pemerintah melalui Dispertanak berjanji akan memfungsikan bak penampungan untuk kepentingan warga.

“Makanya kami berikan mereka membangun di sini karena katanya demi kemaslahatan kami juga,” ungkap Amaq Nan, warga yang mengaku sebagian tanahnya digunakan sebagai lokasi pembuatan bak.

Tiga unit bak pembangunan ini pada dasarnya diperuntukan bagi masyarakat khususnya para petani. Apalagi, daerah ini kerap dilanda masalah air pada musim kering.

Sementara menurut pengakuan warga, pemerintah menjanjikan jika bak ini bisa membantu mengaliri sekitar 20 hektar lahan pertanian.

“Kami selalu dijanji-janjikan bahwa air tersebut akan didorong pakai mesin, tapi semua gak ada,” keluhnya.

Berbeda dengan Kadus setempat, Sukian yang justru mengklaim jika bak buatan pemerintah melalaui Dispertanak itu tetap berfungsi.

“Bak itu tetap berfungsi kok, karena sekarang musim kering saja makanya tidak berfungsi,” kilahnya. (05)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.