Piye

Warga Karang Kerem Bakal Digusur Pemkab, Ini Alasannya

SuaraLombok.com | Lombok Tengah - Pemkab Loteng berencana akan menggusur warga Karang Kerem Kelurahan Praya.

Bahkan, Bupati Lombok Tengah, H. Moh. Suhaili FT mengintruksikan agar penggusuran tersebut segera dilakukan oleh dinas terkait.

“Kepada dinas Perkim agar segera melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk melakukan penggusuran, kalau tidak mau maka tidak ada ganti rugi juga,” tegasnya saat memberikan arahan kepada masing- masing Dinas.

Kadis Permukiman dan Perumahan Rakyat (Perkim), Lalu Firman Wijaya ketika dikonfirmasi terkait instruksi lisan itu mennyampaikan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan relokasi lahan tersebut.

“Lahan yang akan direlokasikan itu sebagai pusat kuliner, ruang publik dan menjadi kantong parkir pada siang hari. Sementara untuk dibelakang karang kerem akan dijadikan centra bisnis sebagai pengembangan jalan yang berada di jalan Gajah Mada,” ungkapnya.

Warga yang terkena danpak relokasi akan dipindahkan ke rusunawa yang sudah dibangun oleh Pemerintah yang berada di Tampar-ampar.

Menurut planing, rusunawa itu akan tuntas pengerjaannya pada Desember tahun ini.

“Rusunawa itu kita prioritaskan bagi warga yang sekarang tinggal di tanah Pemkab,” jawabnya normatif.

Meski begitu, ia mengaku belum melakukan pendataan jumlah warga yang terkena dampak.

Pasalnya, sejauh ini dinas sendiri masih merincikan Ranperbup yang mengatur persyaratan calon penghuni dan kewajiban serta besaran sewa dan pengelola rusun tersebut.

“Kita belum data jumlah KK di lokasi, tapi saya melihat warga tidak banyak, nanti setelah selesai Ranperbub baru kita lakukan yang lainya,” ujarnya. (03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.