Piye

Tembakau Petani Ditolak Perusahaan?

Tembakau Petani Ditolak Perusahaan?
SuaraLombok.com | Lombok Timur - Sejumlah perusahaan seperti BAT atau Benthoel, Perusahaan Alian maupun yang lainnya menolak tembakau hasil petani tembakau di Lotim.

Tembakau yang ditolak perusahaan ini rata-rata merupakan hasil dari petani tembakau virginia.

Akibatnya, petani tembakau merasa dirugikan dengan sikap perusahaan rokok yang menolak tembakau mereka dengan alasan yang tidak jelas.

“Alasan tembakau kami kurang bagus, tapi kami rasa itu semua bagus dan sesuai standar, makanya kami protes,” keluh salah seorang petani tembakau Desa Kabar, Ruhel kepada Suara Lombok.

Yang membuat petani kesal, lanjut dia, sebelumnya pernah dilakukan pertemuan antara pemerintah daerah dengan perusahaan serta para petani tembakau di pendopo wakil bupati Lotim.

Hasilnya, semua perusahaan harus membeli tembakau milik petani apapun jenisnya selama masih berada di ambang standar kualitas.

“Wabup sendiri yang menekankan agar semua perusahaan melakukan pembelian, kenyataannya berbalik,” katanya.

Terpisah, Wabup Lotim, H. Haerul Warisin menegaskan tidak ada alasan bagi perusahaan untuk tidak melakukan pembelian tembakau milik petani.

Meski kualitasnya bagus atau tidak, perusahaan tetap harus membeli dengan tentunya mengatur harganya.

Sebab, lanjut dia, tidak bisa dipungkiri akibat hujan beberapa waktu lalu membuat tembakau petani ada yang rusak. Sehingga mempengaruhi terhadap kualitas yang dihasilkan.

“Kami sudah sepakat dengan perusahaan untuk melakukan pembelian, tapi kalau ada yang menolak maka kami yang akan segera memanggil perusahaan tersebut,” tandas Haerul Warisin. (07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.