Piye

Sambut Era Kendarran Listrik, PLN Pasang 875 SPLU

Sambut Era Kendarran Listrik, PLN Pasang 875 SPLU
SuaraLombok.com | Mataram - Maraknya kendaraan listrik, baik sepeda, motor maupun mobil listrik nampaknya mendapat dukungan penuh dari pemerintah Indonesia.

Buktinya, pemerintah menyediakan infrastruktur yang diperlukan oleh masyarakat. Salah satunya berupa Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU).

“PLN mendukung perkembangan teknologi ramah lingkungan ini, bahkan ini sudah dipersiapkan sejak lama untuk menjawab tantangan di masa depan,” ujar Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, I Made Suprateka, dalam siaran pers yang diterima Suara Lombok.

Supratake membeberkan, saat ini PLN sudah menyediakan sedikitnya 875 SPLU yang tersebar di sejumlah lokasi di Indonesia.

SPLU yang dikembangkan PLN sejak 2015 ini antara lain dapat dijumpai di Jakarta, Bandung, Bangka Belitung, Riau dan Kepulauan Riau, Muara Bungo, Bengkulu, Lampung, Manado, Gorontalo, Palu, Kotamobagu, Yogyakarta, Bali, Makassar, Mataram dan masih banyak lagi.

“Keberadaan SPLU akan terus bertambah seiring dengan kebutuhan konsumen, termasuk kebutuhan pengisian energi kendaraan listrik di tempat umum,” jelasnya.

SPLU di Jakarta sendiri, sejak diluncurkan pada 4 Agustus 2016 sampai dengan akhir Juli 2017 telah terpasang di 542 titik.

Tahun ini ditargetkan sudah ada 1.000 unit SPLU khusus di Jakarta. Lokasi SPLU-SPLU ini dapat ditemukan melalui aplikasi Google Maps dengan kata kunci ‘SPLU PLN’.

“Kami yakin bisa memenuhi ketersediaan SPLU dengan kualitas maksimal, apalagi daya pasok energi listrik juga banyak dipasok dari pembangkit baru yang berasal dari program 35.000 MW,” sambungnya.

Selain SPLU, PLN juga mulai menggunakan kendaraan listrik, seperti motor listrik, untuk petugas ULC (Unit Layanan Cepat) yang merupakaan kendaraan masa depan yang efisien dan ramah lingkungan.

Untuk sementara, kendaraan ramah lingkungan ini baru digunakan PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) saja.

“Kami berharap ke depan dapat diterapkan di unit-unit pelayanan PLN lainnya karena sangat ramah lingkungan,” pungkasnya. (cr-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.