Piye

Pesona Lombok Sumbawa Suguhkan Kearifan Lokal

Pesona Lombok Sumbawa Suguhkan Kearifan Lokal
SuaraLombok.com | Mataram - Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2017 mulai digelar.

Rangkaian kegiatannya di buka dengan kegiatan atraksi Gendang Beleq yang merupakan budaya Lombok, dan dilakukan juga pemukulan Gendang Beleq oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. TGH. M. Zainul majdi, bersama dengan Wakil Gubenur, H. Muh. Amin, SH. MSi pertanda dimulainya kegiatan tersebut.

Sejumlah rangkaian atraksi budaya se-NTB ditampilkan oleh pemerintah daerah pada saat itu untuk memanjakan wisatawan nusantara dan asing pada saat itu. Bulan Pesona Lombok-Sumbawa tahun ini akan digelar dari tanggal 8 Agustus 2017 hingga 16 September 2017 mendatang dengan tema “Our Heritage, Our Pride”

“Tujuan promosi-promosi budaya kita untuk terus mengembangkan dan terus menciptakan inovasi dan kreatifitas dalam ranah budaya. Dan daerah kita lebih aktraktif untuk kunjungan wisata dari seluruh tempat, seluruh daerah baik itu luar daerah atau luar negeri” ujar Gubernur NTB.

Gubernur yang akrab disapa TGB itu mengungkapkan bahwa dalam menghadapi era globalisasi, era kompetisi, era konektivitas dan keterhubungan satu sama lain, ada dua hal yang mampu menjadi benteng terkuat untuk meminimalisir dampak-dampak negatif dari globalisasi dan modernitas tersebut, yakni iman dan budaya.

“Jadi agama dan budaya itulah yang akan memberikan kekokohan bagi kita sebagai masyarakat khususnya yang ada di NTB sehingga kita bisa menyerap semua yang baik dari perkembangan dunia dari penemuan-penemuan dan teknologi serta perkembangan-perkembangan yang ada  sambil pada saat yang sama kita bisa menyaring diri kita secara kolektif dari hal-hal yang tidak baik,” ungkapnya.

Agama dan budaya juga diharapkan mampu berperan menjadi filter yang terbaik bagi anak-anak muda masyarakat NTB khususnya dan Indonesia umumnya.

Acara wisata budaya tersebut akan di konsentrasikan di beberapa wilayah seperti misalnya Mandalika, Kota Tua Ampenan, Sembalun, hingga Gili Tramena Begawe. Kegiatan yang dilakukan adalah food street festival, rally wisata, pameran hasil bumi, musik holtikultura, seni dan atraksi Lombok, hingga coaching clinic tarian Lombok. (Cr-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.