Piye

Pemprov Bakal Gunakan DD Turunkan Angka Kemiskinan

Pemprov Bakal Gunakan DD Turunkan Angka Kemiskinan
SuaraLombok.com | Mataram - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi NTB, Ir. Ridwan Syah mengungkapkan menegaskan, pendekatan pemerintah dalam penurunan kemiskinan dengan berbasis desa.

Terutama melalui Dana Desa yang seharusnya diprioritaskan untuk menukik angkak kemiskinan di Desa.

“Kiata arahkan penurunan angka kemiskinan ini melalui desa, sebab datanya by name by address,” jelasnya.

Langkah pertama dibulan Agustus bersama Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) akan melakukan pelatihan kepada seluruh Kades dan seluruh pendamping desa untuk memastikan bahwa dalam merencanakan APDDesa, pogram dan kegiatannya sudah langsung berkontribusi untuk menukik kemiskinan.

Selain itu, ia menjelaskan angka kemiskinan bukan semata-mata menjadi tanggungjawab Tim Koordinasi Pengentasan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Provinsi NTB, tapi tanggungjawab bersama.

“Langkahnya akan dipadukan, konsep kita memadukan mulai APBN, APBD sampai dengan Dana Desa,” tukasnya.

Langkah selanjutnya akan memfasilitasi seluruh Kades dan seluruh fasilitator Desa untuk bersama memahami potret kemiskinan yang ada di Desa, dan juga mengintegrasikan program antara Provinsi dan Kabupaten.

“Sudah terjadwal tanggal 10 Agustus2017 akan diadakan Rakor kemiskinan tingkat Provinsi dengan tema-tema tersebut,” tututpnya. (cr-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.