Piye

Nelayan KLU Dapat Asuransi Ini Syaratnya

Nelayan KLU Dapat Asuransi Ini Syaratnya
SuaraLombok.com | Lombok Utara - Langkah maju perhatian  Pemerintah Pusat (Kementerian Kelautan_Red) berikut Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara kepada warga nelayan patut diacungi jempol. Pasalnya khusus untuk tahun ini sebanyak 100 warga nelayan asal KLU dipastikan mendapatkan asuransi berupa uang tunai sebesar 160 juta perorang yang berbentuk asuransi jiwa.

Program asuransi nelayan tersebut merupakan cetusan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah KLU. Hanya saja nelayan yang terakomodir mesti memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) yang jelas di masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Utara.

“Asuransi ini pada tahap awal diperuntukkan bagi 100 nelayan yang mengalami kecelakaan atau meninggal. Mereka diberi uang senilai Rp 160 juta langsung,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan kelautan dan perikanan KLU Agus Tisno kepada Suara Lombok.

Lebih jauh Agus menyatakan syarat khusus untuk mendapatkan asuransi nelayan tersebut adalah jika warga nelayan telah memiliki Kartu Tanda Anggota KTA nelayan yang disyahkan oleh pemerintah Desa dan Kecamatan tempat mereka berdomisili. “Ini berdasarkan KTA kalau tidak punya, kita tidak bisa akomodir itu aturan maennya,” jelasnya.

Sementara terkait tidak seluruh nelayan yang ditaksir mencapai seribu lebih di KLU belum memiliki KTA yang dimaksud, Agus menjelaskan pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan pendataan akurat, untuk memastikan program tersebut bisa merata, dengan mengusulkan penambahan jumlah nelayan dapat menerima asuransi setiap tahunnya kepada pemerintah pusat.

Dalam proses pendataan sendiri, pihaknya intens turun ke bawah melakukan pengecekan manakala ada nelayan yang sudah terakomodir tetapi tidak aktif dalam keanggotaan tersebut. Selain itu langkah ini untuk memastikan apakah nelayan tidak pindah ke daerah lain maupun diketahui sudah tidak berprofesi sebagai nelayan.

“Kami akan usulkan setiap tahun karena nelayan kita belum semua dapat asuransi, padahal ini sangat bagus,” bebernya.

Bagi nelayan yang ingin mendapatkan asuransi tersebut, lanjut Agus Tisno, dapat langsung menghubungi bidang kelautan Dishublutkan KLU untuk memberikan berbagai persyaratan untuk kepentingan verifikasi. Pihaknya menilai program asuransi ini dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan terlebih juga memberikan rasa nyaman dan aman manakala mereka pergi melaut.

“Banyak sekali keunggulannya, artinya mereka (nelayan_red) akan merasa aman ketika terjadi kecelakaan di laut,” pungkasnya. (cr-08)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.