Piye

LCC Tanamkan Pemahaman Kaligrafi Sejak Dini

LCC Tanamkan Pemahaman Kaligrafi Sejak Dini
SuaraLombok.com | Mataram - Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 72 dan Hari Koperasi yang ke 70, Pemerintah Provinsi NTB bekerja sama dengan beberapa perusahaan swasta menggelar hajatan NTB EXPO 2017 di Islamic Center.

Salah satu kegiatan yang diadakan di dalamnya yaitu Pekan Khazanah Kaligrafi Islam.

Yunani S.Pdi, selaku Ketua Panitia mengatakan, kegiatan ini pertama di adakan di pulau Lombok.

Dengan adanya kegiatan ini ia berharap umat muslim dapat menjaga Al-Quran tidak hanya dari hafalan saja tapi juga tulisannya.

“Karena kami melihat banyak sekali di masjid-masjid tulisan Al-Quran yang salah ditulis oleh kaligrafer-kaligrafer. Walaupun indah jika tidak di ikuti kaidah yang benar akan terasa hampa,” ujarnya.

Oleh karena itu, Lombok Calligrafher Community (LCC) bersinergi dengan kaligrafer NTB yang sudah menjuarai lombo tingkat kabupaten dan nasional dan beberapa seniman berusaha membangun dan kembali memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya pemahaman penulisan kaligrafi.

Ia mengungkapkan, dalam penulisan kaligrafi yang sangat dibutuhkan adalah ketekunan, minat dan bakat.

“Ada orang berbakat cepat bisa dalam beberpaa bulan, berbakat tapi nggak minat itu sulit juga. Ada minat namun tidak ada bakat, itu akan membutuhlan proses yang lama dan erus menerus,” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya LCC, masyarakat mengenal dan mngetahui kaligrafi. Mereka tidak hanya sekedar menikmati, namun juga bisa membacanya.

Tidak hanya itu, agar kaligrafi tidak hanya dipahami oleh masyarakat yang lingkup pondok saja. Namun juga masyarakat yang di lingkup sekolah umum dan masyarakat umum.

Beberapa guru juga mengaku sangat antusias mengikuti acara ini dan mereka berharap, even-even yang demikian bisa terus di adakan sebagai wahana anak-anak untuk menuangkan kreatifitas dan menanamkan pemahaman kaligrafi pada anak sejak dini.

Peserta lomba ini diikuti peserta dari tingkat TK, PAUD dan SD dengan total jumlah peserta 450 orang. (cr-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.