Piye

JCH Kota Dilepas Walkot

JCH Kota Dilepas Walkot
SuaraLombok.com | Mataram - Walikota Mataram H. Ahyar Abduh melepas secara resmi Jamaah Calon Haji (JCH) kloter utuh Kota Mataram di halaman Kantor Wali Kota Mataram pada Jumat (11/08).

JCH yang dilepas tersebut akan diantarkan menuju Asrama Haji Nusa Tenggara Barat dalam 10 unit bus, dan akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Lombok menuju Bandara King Abdul Azis Jeddah pada hari Sabtu tanggal 12 Agustus 2017 pukul 06.00 WITA.

“Kami telah berkomitmen untuk memberikan dukungan, perhatian, dan pelayanan penuh pada kegiatan yang ibadah istimewa ini,” ujarnya.

Bekerjasama dengan Ikatan Jamaah Haji Indonesia (IPHI) Kota Mataram dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mataram, Pemerintah Kota Mataram menggelar Bimbingan Manasik sebagai bekal utama bagi para jamaah dalam menjalankan Rukun Islam yang terakhir tersebut.

Selain itu Walikota juga meminta agar para jamaah yang akan diberangkatkan untuk menjalankan ibadah dengan penuh rasa syukur karena telah diberi kesempatan untuk diberangkatkan.

Selain itu, ia juga berpesan bagi para petugas dan pembimbing jamaah untuk tidak segan-segan membantu jamaah yang membutuhkan bantuan, dan berharap agar JCH Kota mataram dapat menjadi contoh bagi jamaah lain.

Pada akhir sambutannya Walikota mendoakan agar seluruh jamaah haji Kota Mataram yang akan segera berangkat tersebut dapat selalu diberikan kesehatan lahir dan batin, selamat dalam perjalanan, dapat menunaikan ibadah secara sempurna, serta kembali ke tengah keluarga dengan membawa haji yang mabrur.

“Nanti disana akan bertemu saudara-saudara dari berbagai negara yang berbeda bahasa, warna kulit, dan perilaku. Disitulah nanti akan ada ujian-ujian. Modalnya hanya dua, selalu bersabar dan tabah,” pesannya.

Sementara dalam laporan Kepala Kementerian Agama Kota Mataram H. Burhanul Islam disebutkan bahwa estimasi kuota JCH reguler Kota Mataram berjumlah 653 orang.

Namun pada saat pemberangkatan empat orang gagal berangkat dikarenakan dua orang meninggal dunia, dan dua orang lainnya sakit.

Sedangkan dari alokasi 60 porsi cadangan sampai hari pemberangkatan pertama ini terisi sembilan orang.

Dari keseluruhan jamaah, yang tertua berusia 90 tahun atas nama ismail Bin Rusna, dan yang termuda berusia 24 tahun atas nama Nanang Julandra. Jamaah dibagi dalam empat kloter yang terdiri dari Kloter 1 dengan jumlah 450 orang yang merupakan kloter utuh, dan tiga kloter gabungan dengan daerah lain. Yaitu Kloter 7 dengan 17 orang jamaah, Kloter 10 dengan 174 orang jamaah, dan sembilan orang jamaah di Kloter 11.

Perwakilan jamaah juga telah bersepakat untuk menyisihkan infaq untuk diserahkan kepada Baznas Kota Mataram dengan nilai total sejumlah Rp. 53.950.000,-.

Hadir pula dalam acara itu Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana, Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, jajaran pimpinan OPD lingkup Kota Mataram, tokoh agama, serta ramai pula oleh kehadiran ribuan pengantar jamaah. (cr-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.