Piye

Gara-gara Buang Ini Sembarangan, Jalur Pendakian Rinjani Terbakar

Gara-gara Buang Ini Sembarangan, Jalur Pendakian Rinjani Terbakar
SuaraLombok.com | Lombok Timur - Kawasan jalur pendakian gunung Rinjani terbakar, selasa (22/8) dinihari sekitar pukul 04.00 wita.

Dugaan sementara kebakaran disebabkan karena para pendaki sembarangan membuang puntung rokoknya.

Sementara sampai berita ini diturunkan luas lahan areal lahan savana yang terbakar mencapai puluhan hektar. Terletak di lendang panas komplek bukit penyeselan yang berada di pos tiga dengan pelawangan.

Koordinator Polhut TNGR NTB, Daniel Rosang saat dikonfirmasi membenarkan kalau kawasan pendakian jalur tiga gunung Rinjani mengalami kebakaran. Dengan api cepat merambat ke lokasi lainnya,karena yang terbakar lahan savana atau padang ilalang.

"Begitu mendapatkan laporan kami langsung bertindak dengan naik keatas bersama tim untuk melakukan pemadaman," tegas Daniel.

Ia menjelaskan memang kalau berkaca kebelakang setiap tahunnya menjadi langganan kebakaran kawasan gunung Rinjani. Dengan bisa disebabkan karena gesekan ranting yang menimbulkan percikan api dan perbuatan manusia yang membuang putung rokok saat mendaki.

Namun begitu masih dalam melakukan penyelidikan penyebab pasti kebakaran tersebut. Akan tapi yang jelas pihaknya bersama tim yang lainnya bersama masyarakat terus membantu untuk melakukan pemadaman api agar tidak merembet ke yang lain.

Apalagi dengan kerasnya angin yang bertiup tentunya akan membuat api terus menjalar. Akan tapi dengan kerja keras tim api bisa dipadamkan pada pagi harinya, namun tetap melakukan antisifasi agar tidak ada kebakaran lagi.

"Kami memperkirakan sekitar puluhan hektar kawasan rinjani yang terbakar dan setiap musim kemarau datang pasti kebakar," tandasnya.

Sementara Kepala Resor TNGR Sembalun, Zainuddin saat dikonfirmasi melalui via ponselnya tidak ada yang mengangkatnya. (07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.