Piye

Eksekutif Tanggapi Pandangan Legislatif

Eksekutif Tanggapi Pandangan Legislatif
SuaraLombok.com | Lombok Tengah - Pemkab Loteng menanggapi pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap nota keuangan dan Raperda tentang perubahan APBD Kabupaten Loteng tahun anggaran 2017.

Wakil Bupati Loteng, L Fathul Bahri menyampaikan apresiasi atas berbagai upaya peningkatan target pendapatan Daerah, khususnya pos PAD serta peningkatan porsi alokasi belanja langsung yang hampir berimbang dengan alokasi belanja tidak langsung.

Belanja langsung sebesar 45% dan belanja tidak langsung sebesar 55% pada rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2017.

“Optimalisasi pencapaian realisasi target-target pendapatan yang telah ditetapkan, dilakukan melalui peningkatan intensitas pemungutan pada wajib pajak dan retribusi PAD,” ujarnya.

Disampaikan, Pemda terus berusaha mengoptimalkan capaian target PAD tersebut.

Buktinya, peningkatan realisasi PAD dari tahun ke tahun sebagai wujud optimalisasi pada seluruh pos-pos sumber PAD baik itu berupa pajak Daerah maupun retribusi Daerah.

Karena, peningkatan target pendapatan daerah khususnya yang bersumber dari PAD secara signifikan pada rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2017.

Ini dipengaruhi adanya kebijakan dari pemerintah pusat berkenaan dengan penganggaran dana bos pada APBD Kabupaten/Kota.

Sementara, berkaitan dengan pembinaan kepada Pemerintah Desa (Pemdes), Pemkab sendiri melalui dinas terkait telah melakukan berbagai pembinaan, seperti  penyusunan regulasi, pendampingan pada Pemdes dan juga melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas dimasing- masing Desa.

“Kita juga melaksanakan monitoring dan pembinaan terhadap Desa-Desa yang proses penetapan APBDes-nya mengalami keterlambatan serta monitoring terhadap Desa-Desa yang tingkat penyerapan anggarannya rendah,” sambungnya menanggapi pandangan fraksi yang sebelumnya sudah disampaikan pada sidang paripurna sebelumnya.

Fathul menambahkan,  keberadaan BUMD juga dalam kaitannya dengan PAD, telah berkontribusi dalam bentuk deviden yang  dari tahun ke tahun ada peningkatan terutama pada PT. BANK NTB dan PD. BPR Lombok Tengah. Sedangkan, BUMD yang lain menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku dan masih dalam penyelesaian permasalahan dan pemantapan ke depan.

Terhadap penyerapan anggaran belanja Daerah dalam pelaksanaan APBD tahun anggaran 2017 sampai dengan bulan agustus tahun 2017, realisasi keuangan sebesar lima puluh tiga koma tiga belas persen (53,13%) dengan realisasi fisik sebesar tujuh puluh enam persen (76%).

“Pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pada APBD tahun anggaran 2017 sebanyak seratus sembilan belas paket, yang dilelang dan telah selesai dilelang sebanyak enam puluh tujuh paket,” bebernya.

Dalam proses pelelangan ada sebanyak tujuh belas paket  dan yang belum sebanyak tiga puluh lia paket, secara jadwal akan segera dituntaskan sampai akhir bulan september 2017 ini. (03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.