Piye

BPJS Dorong Pemerintah Optimalkan Regulasi Kepesertaan JKN-KIS

SuaraLombok.com | Mataram - Kinerja Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Mataram terus mengalami peningkatan.

Peningkatan tersebut juga tidak terlepas dari peran serta dan komitmen pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dari segi kesehatan.

“Kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah terhadap komitmen untuk menyukseskan Program JKN-KIS, baik dalam bentuk pembiayaan serta perluasan akses pelayanan melalui penyediaan fasilitas kesehatan,” ungkap Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan Cabang Mataram, Lalu Suryatna saat kegiatan Publik Expose Capaian Kinerja BPJS Kesehatan Cabang Mataram, di Mataram, Selasa (22/8).

Selain itu, Lalu Suryatna juga berharap kepada pemerintah daerah agar semakin mengoptimalkan peran baik dari sisi kualitas dan pelayanan kesehatan, dan memperkuat regulasi agar derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat.

“Kedepan kami harapkan peran pemerintah daerah semakin dioptimalkan, baik dari segi kualitas, mutu pelayanan, dan bersama-sama memperkuat regulasi erkait kepatuhan pengusaha dan masyarakat dalam kepesertaan JKN-KIS, serta cakupannya di perluas sehingga dapat terwujudnya Universal Health Coverage atau cakupan semesta di tahun 2019,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kantor cabang Mataram sendiri mencakup Provinsi NTB, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Utara. Sampai dengan 30 Juni 2017, jumlah pesertanya mencapai 995.112 jiwa. Termasuk di dalamnya peserta yang di daftarkan dan diintegrasikan dengan program JKN-KIS oleh Pemerintah Provinsi NTB melalui program sebanyak 39.818 jiwa, Pemerintah Kota Mataram sebanyak 14.627 jiwa, Lombok Barat sebanyak 7.337 jiwa dan KLU sebanyak 10.000 jiwa.

Pertumbuhan jumlah peserta itu juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama. Yakni 21 FFasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat  Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 1 RS, 1 Apotek Obat Kronis, 1 Apotek Obat Rujuk Balik serta 10 Optik.

Tidak hanya itu, juga bermitra dengan 96 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pratama (FKTP), terdiri dari 36 Puskesmas, 3r Dokter Praktik Perorangan, 4 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 1w Klinik Pratama, 5 Klinik TNI, 4 Klinik Polri, dan 1 RS D Pratama. (cr-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.