Piye

BKD Targetkan Penerimaan PBB Hingga 24 Milyar

BKD Targetkan Penerimaan PBB Hingga 24 Milyar
SuaraLombok.com | Mataram - Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Mataram, HM. Syakirin Hukmi menyampaikan, target PBB tahun 2017 mencapai 24 Milyar.

Untuk realisasi penerimaan PBB sampai minggu keempat bulan Juli saja mencapai Rp. 8 Milyar lebih atau bertambah Rp. 1 Miliar di banding tahun lalu pada periode yang sama yang hanya mencapai Rp. 7 Miliar.

Hal itu disampaikan saat membuka Acara Pembukaan Gebyar Pembayaran PBB Kota Mataram Tahun 2017 di Pendopo Walikota Mataram.

“Acara ini bertujuan untuk mengamankan penerimaan target yang sudah ditetapkan dalam APBD Kota Mataram Tahun 2017,” paparnya.

Tak hanya itu, maksud diadakannya acara ini sebagai sarana sosialisasi pembayaran pajak sehingga diharapkan akan dapat menumbuhkembangkan kesadaran wajib pajak untuk membayar kewajibannya.

“Pembayaran akan jatuh tempo tanggal 31 Agustus 2017, tepat saat hari ulang tahun Kota Mataram,” ucapnya.

Dalam laporannya, rata-rata kenaikan target setiap tahunnya adalah 20 persen jika dilihat dari periode sejak awal yakni tahun 2013.

Target pada tahun 2016 sebesar Rp. 21 Milyar, dan target pada tahun 2017 sebesar Rp. 24 milyar.

Jika dilihat secara persentase, terjadi penurunan sekitar 1,02 persen, tetapi dari segi jumlah uang terjadi peningkatan sebesar Rp. 800 juta lebih.

Dalam upaya pengamanan target PBB 2017, telah dibentuk tim pengamanan target yang diketuai Sekda Kota Mataram dan asisten yang beranggotakan semua Camat dan Lurah se-Kota mataram.

“Telah dilakukan beberapa kali pertemuan dan rapat evaluasi yang dipimpin langsung oleh sekda,” ujarnya.

Pada tingkat kecamatan, telah dirintis suatu pola evaluasi dan koordinasi dengan kelurahan yang bertujuan agar lebih dini mengidentifikasi permasalahan guna menyelesaikan permasalah PBB lebih cepat. (cr-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.