Piye

Alfamart Menjamur, APKLI Lobar Gigit Geraham

Alfamart Menjamur, APKLI Lobar Gigit Geraham
SuaraLombok.com | Lombok Barat - Menjamurnya Alfamart dan Indomart menjadi polemik terhadap pedagang kecil khususnya di Kabupaten Lombok Barat.

Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) Lobar mengkritisi kebijakan pemerintah Lombok Barat terkait pemberian ijin bagi Alfamart dan Indomart, hal ini dianggap akan mematikan langkah dan usaha para pedagang kecil.

"Kita menyayangkan strategi pemerintah yang notabenenya memberikan ijin terhadap perusahaan besar dan tidak berpihaknya kepada pedagang kecil," ujar Mukril selaku Ketua APKLI Lobar Rabu (23/8).

Mengingat hal tersebut, Mukril menyikapi terlalu mudahnya Pemkab Lobar terutama Dinas perijinan dan pihak camat serta desa untuk memberikan HO kepada para pengembang perusahaan tersebut, menurut dia (mukril-
red) pemkab secara perlahan -lahan membunuh usaha mikro kecil.

"Sangat jelas sudah pemerintah tidak berpihak pada pedagang kecil," lanjutnya.

Dikatakan, Mukril seyogyanya pemkab dapat mempelajari struktural dan kondisi
wilayah sehingga peningkatan ekonomi pedagang bisa mensejahterakan keluarganya sehingga dapat meningkatkan ekonomi pedesaan, salah satu nya adalah pemberdayaan produk lokal.

"Semua itu kosong belaka," tegasnya.

Menyorot hal tersebut rencananya APKLI Lobar dalam waktu dekat akan melakukan sharing ke DPRD.

"Insyallah rencana kita akan sharing ke dewan dalam waktu dekat," lanjutnya.

Alih -alih sekarang pemkab lobar terutama Diskop UMKM giatnya melakukan pembinaan terutama bagi pengembang usaha kecil menengah hal ini di nilai biasa saja.

"Kita tidak ada kaitannya sama pedagang apalagi pengembang Alfamart kita hanya pembinaan saja," ungkap Wayan Sembah selaku Kadis Diskop UMKM ketika di konfirmasi. (05)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.