Piye

Urusan Sampah Lobar Bakal Dizona

Urusan Sampah Lobar Bakal Dizona
SuaraLombok.com | Lombok Barat - Urusan sampah di Kabupaten Lombok Barat sudah menjadi masalah klasik. Guna menangani hal ini, pemerintah berencana melakukan penanganan dengan sistem zonasi.

Zona sendiri akan dibuat menjadi tiga bagian, Zona Utara, Tengah dan Selatan. Masing-masing zona nantinya akan dibangun TPA serta unit armada pengangkut sampah.

“Dengan sistim zonasi ini nanti, penanganan masalah sampah bisa teratasi,” ujar Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (PSL B3), I Nyoman Sucana Badan Lingkungan Hidup Lobar.

Lebih jauh, pasca terbitnya Perda Lobar No. 3 tahun 2017 tentang sampah, pemkab Lobar mulai berbenah.

Penanganannya diawali dari dua kecamatan, yaitu Gerung dan Kediri. Pasalnya, kedua kecamatan ini dinilai memiliki volume sampah yang cukup banyak.

“Ya sesuai hasil rapat kami, penanganan sampah kita awali fokus untuk kecamatan Gerung dan Kediri,” paparnya.

Menurut Sucana, pihaknya sudah mulai menata rencana Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tetapi dalam bentuk TPA sementara.

Untuk kecamatan Gerung, direncanakan TPA akan dibangun di area Patung Koperasi di Gerung selatan, sementara untuk Kecamatan Kediri, TPA sementara akan dibangun di area Rumah Potong Hewan (RPH) Kediri.

Di kecamatan Kediri, lanjut Sucana, TPS yang ada di depan SMPN 1 Kediri akan direlokasi ke area RPH Montong Are di sebelah timur Ponpes Ishlahudinny.

Alasannya, karena TPS ini berada di tengah kota kecamatan, serta berdampingan dengan Ponpes Nurul Hakim.

“Kita targetkan Agustus sudah mulai beroperasi,” tegas Sucana. (05)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.