Piye

Tinggal Finishing, TMMD Loteng Bangun Fisik hingga Bangun Jiwa

Tinggal Finishing, TMMD Loteng Bangun Fisik hingga Bangun Jiwa
SuaraLombok.com | Lombok Tengah - Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) oleh Kodim 1620/WB Lombok Tengah hampir selesai.

Uniknya, tahun ini fokus kegiatan tidak hanya berupa kegiatan fisik semata, melainkan juga melakukan aksi lainnya untuk membangun kejiwaan masyarakat.

Dandim 1620/WB Loteng, Letkol Inf. Is Abul Rashi menjelaskan, untuk pekerjaan fisik, satgas TMMD sudah hampir merampungkan seluruh pekerjaan.

“Saat ini kita sedang melaksanakan p‎erapihan buka jalan baru di Dusun  Mensoran Desa Aik Bukak oleh anggota satgas TMMD dan masyarakat, dan melanjutkan kegiatan mengerjakan sasaran yang belum mencapai seratus persennya,” jelasnya.

Kegiatan fisik sendiri bisa dibagi menjadi dua lokasi besar dengan sejumlah pekerjaan, antara lain di Desa Pengenjek Kecamatan Jonggat seperti pembukaan jalan baru di beberapa lokasi seperti di seputaran desa, Dusun Bun Gini, Dusun Berembeng dan pembukaan jalan Lingkar di Dusun Montong Bangle yang masing-masing sudah mencapai 98 persen.

Selain itu, sasaran pembuatan plat deker dan pembuatan jembatan mencapai 99 persen dan 97 persen.

Sementara untuk pembongkaran pagar pemakaman umum dan pembuatan pos kamling sebanyak 5 unit sudah mencapai 100 persen.

Begitu juga dengan program yang dijalankan di Desa Aik Bukak Kecamatan BKU, seperti pembuatan jalan dan talud jalan sudah mencapai 98 persen.

“Kita tidak hanya fokus pada fisik saja, kita juga fokus pada kegiatan non fisik,” sambung Is menjelaskan.

Untuk kegiatan non fisik sendiri, satgas TMMD melakukan penyuluhan wawasan kebangsaan yang kemudian dilanjutkan ikut melaksanakan siskamling bersama warga desa.

Bahkan, kepada generasi muda, Kodim 1620/WB juga melaksanakan kegiatan sosialisasi bahaya narkoba dengan sasaran siswa SMA-sederajat se Kecamatan Pringgarata.

“Kepada anak-anak kita melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada pelajar SMA di Kecamatan Pringgarata. Melaksanakan Sosialisasi pertanian kepada masyarakat dan pentingnya menjaga keamanan di desa dengan menggalakkan siskamling juga kita laksanakan,” tutur dia.

‎Sampai dengan saat ini kegiatan TMMD masih berlangsung bersama masyarakat setempat dalam rangka menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang masih perlu dirapikan dan diperbaiki baik itu di Desa Pengenjek maupun di Desa Aik Bukak.

Letkol Inf Is Abul Rasi , juga menjelaskan sasaran kegiatan TMMD untuk buka jalan baru di wilayah Ds. Aik Bukak sedang dilakukan dan saat ini perkembangannya hampir selesai.

“Hari ini kita sedang melakukan kegiatan gotong-royong anggota satgas bersama masyarakat membersihkan dan merapikan jalan baru di Dusun Mensoran Desa Aik Bukak,” tandasnya. (03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.