Piye

Terbongkar! Ini Pemicu Utama Kasus Pungli di NTB

Terbongkar! Ini Pemicu Utama Kasus Pungli di NTB
SuaraLombok.com | Mataram - Banyaknya kasus pungutan liar yang terjadi di NTB menjadi atensi tersendiri bagi Satgas Saber Pungli.

Menurut data, Satgas Saber Pungli sejak terbentuknya sudah menangani 20 kasus yang sudah diproses secara hukum dan ada juga yang sedang dalam proses.

Ketua Satgas Saber Pungli NTB, Kombes. Pol. Ismail Bafadal mengungkapkan bahwa, selain proses hukum, pihaknya memberikan rekomendasi kepada instansi atau lembaga yang menjadi atasan dari pelaku untuk mengambil tindakan secara administraf dan memperbaiki sistem pelayanannya.

“Sekitar 60 persen dari kasus yang kita tangani adalah kasus-kasus Prona,” ungkapnya.

Berdasarkan penelusuran, ternyata kasus yang terjadi ini bukannya menurun tetapi justru berkembang.

Ditanya indikasi penyebab utamanya, Ismail Bafadal menjelaskan hal itu biasanya karena sistem dalam instansi-instansi terkait masih sangat bobrok dan harus segera diperbaiki.

“Sistemnya yang harus diperbaiki, sehingga kalau sistemnya bekerja dengan baik, keinginan dari oknum-oknum ini menjadi berkurang, saya yakin in secara bertahap akan hilang,” ungkapnya.

Selain itu, dukungan dan kerjasama antara satgas saber pungli dan instansi juga sangat diperlukan. Terutama untuk memberi pemahaman kepada masyarakat agar praktik semacam ini tidak terjadi lagi dan menjadi menular di masyarakat. (cr-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.