Piye

Program Membumi Jadi Prioritas PKK NTB

Program Membumi Jadi Prioritas PKK NTB
SuaraLombok.com | Mataram - Ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga Nusa Tenggara Barat (TP PKK NTB), Hj Erica Zainul Majdi memberikan arahan kepada seluruh jajarannya agar dalam menyusun Program Kegiatan Kelompok Kerja (POKJA) di masing-masing lebih memprioritaskan program yang membumi.

Istri Gubernur NTB itu, menyampaikan harapannya saat memimpin rapat Pleno PKK NTB, Senin (17/7) di pendopo Gubernur NTB di Mataram.

"Apapun bentuk program tersebut, yang terpenting adalah program dapat dipahami dan mampu mengubah cara pandang masyarakat menjadi lebih baik," tuturnya.

Dalam Rapat Pleno yang dihadiri wakil ketua I, Hj. Syamsiah M.Amin, wakil ketua II Hj. Ikhsanti Komala Rimbun beserta seluruh anggota dan pengurus dari keempat POKJA tersebut, dibahas evaluasi dan progres pelaksanaan program/kegiayan triwulan I dan II serta pembahasan program/kegiatan TP PKK NTB triwulan III tahun 2017.

Dalam kesempatan itu Hj. Erica lebih banyak mendengarkan laporan pelaksanaan dan progres kinerja dan rencana program masing-masing POKJA.

Ia menjelaskan bahwa beberapa program PKK yang akan dilaksanakan pada triwulan ketiga itu diantaranya program bebas iva di seluruh Kabupaten/Kota se-NTB, sosialisasi gizi yang melibatkan kader di Kabupaten/kota serta sosialisasi pengelolaan limbah rumah tangga, ungkapnya. Program-program ini berada dalam wilayah kerja POKJA IV, jelasnya.

Untuk kelompok kerja III, ia mengungkapkan bahwa pada triwulan sebelumnya telah menggelar pelatihan pembuatan pupuk pestisida di 10 Kabupaten/kota, sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan untuk tanaman pangan keluarga. Program itu dilaksanakan melalui kerjasama kemitraan dengan dinas ketahanan pangan dan BPTP. Sedangkan untuk triwulan ini, direncanakan akan melaksanakan sosialisasi dan pelatihan pengolahan pangan lokal, pelatihan pembuatan tas dengan tali kur.

Sedangkan untuk POKJA II dan I masing masing akan melaksanakan monitoring dan evaluasi PAUD se-NTB, dan secara rutin melakukan Pembinaan majelis ta'lim di seluruh Kabupaten/kota di NTB, ucapnya.

Menanggapi laporan dan program kerja dari masing masing POKJA tersebut, Hj. Erica sangat mengapresiasi komitmen tinggi dan kinerja ibu- ibu PKK tersebut. Namun ia juga menekankan, akan lebih baik lagi jika dalam melaksanakan sebuah program, para kader PKK dapat memberi contoh langsung kepada masyarakat, himbaunya.

"Untuk gerakan cuci tangan pakai sabun dalam rumah tangga misalnya, kalau mau anak-anak mencuci tangan pakai sabun,maka ibunya dulu yang harus melakukan, pasti akan ditiru oleh sang anak,"tuturnya.

Pada saat itu Hj Erica juga berharap agar pelaksanaan program tahun 2017 dapat terus ditingkatkan dan seluruh anggotanya semakin kompak. (cr-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.