Piye

Langkah Nyata ini Dilakukan Korem 162/WB Menumbuh Kembangkan Cinta Tanah Air Kepada Masyarakat

Langkah Nyata ini Dilakukan Korem 162/WB Menumbuh Kembangkan Cinta Tanah Air Kepada Masyarakat
SuaraLombok.com | Mataram - Menumbuh kembangkan cinta tanah air kepada masyarakat, terutama bagi generasi muda, Korem 162/WB menggelar sejumlah lomba bagi siswa.

Lomba yang digelar dalam rangka komunikasi sosial (Komsos) kreatif ini diikuti siswa tingkat SD dan SLTP dengan sejumlah mata lomba seperti lomba foto dan jurnalistik bagi umum serta lomba pidato bertemakan kebangsaan tingkat Korem 162/WB.

Lomba sendiri di Aula Kompi Markas Korem 162/WB yang pesertanya merupakan para juara di tingkat Kodim masing-masing daerah.

Para pemenang lomba tingkat Korem ini nantinya akan dikirim mewakili Korem 162/WB di tingkat Kodam Bali yang selanjutnya jika berhasil akan mewakili Kodam untuk berlomba di tingkat Angkatan Darat.

“Tema sudah ditentukan yaitu Peran Empat Konsensus Berbangsa dan Bernegara Dalam Membangun Bangsa yang Berkarakter,” jelas Kasiter Korem 162/WB Letkol Inf. I Nyoman Sumitra mewakili Komandan Korem 162/WB untuk membuka perlombaan tersebut.

Ia menjelaskan, selain merupakan salah satu program TNI Angkatan Darat, tujuan kegaitan ini untuk menjalin komunikasi sosial yang sehat dan harmonis serta meningkatkan tali silaturrahmi antara prajurit TNI dan segenap komponen masyarakat.

“Ini sejalan dengan tema yang diangkat dalam penyelenggaraan komsos kreatif kali ini yakni Bersama Rakyat Tni Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri Dan Berkepribadian,” sambungnya menjelaskan.

Sesuai dengan tema itu, lanjut dia, TNI menyadari pentingnya membina hubungan dengan segenap komponen masyarakat khususnya  generasi muda guna menanamkan dan menumbuh kembangkan rasa kepedulian serta kecintaan terhadap bangsa dan negara sejak dini.

“Lomba pidato kebangsaan dan lomba lainnya ini tidak lain sebagai wahana kita mencari bibit-bibit unggul generasi kita yang cinta tanah airnya melalui bakat yang mereka miliki,” ungkap dia.

Selain itu, tujuan yang tidak kalah penting dari kegiatan ini adalah membangkitkan minat anak-anak untuk membaca dan menulis.

Bahkan, lomba ini juga bisa menumbuhkan kepercayaan diri bagi anak-anak untuk berbicara di depan umum sehingga akan muncul calon pemimpin masa depan yang cinta kepada tanah airnya.

“Melalui lomba pidato ini kita tanamkan nilai-nilai kebangsaan dalam diri anak-anak generasi bangsa sejak dini,” jelasnya.

Sementara informasi terkati hasil penilaian lomba pidato adalah Alda Febrianti keluar sebagai juara I dari SDN 1 Kediri Kabupaten Lobar, juara II Wahyu dari SDN 3 Lotim dan juara III Fara Ameliani dari SDN Bima.

Sedangkan tingkat SLTP yang keluar sebagai juara I Numiratil dari SMPN 1 Kota Bima, Arsyadila Sophia Fiduha sebagai juara II dari SMPN 1 Sumbawa dan Juara III diraih oleh Nazaria Isnanda dari Ponpes Nurul Qur’an Lobar.

Sementara lomba foto dan karya tulis jurnalistik diikuti oleh delapan belas pserta perwakilan dari Kodim masing-masing wilayah binaannya dan yang keluar sebagai jura I adalah M Khairuzzabadi dari Lombok Barat untuk juara II diraih oleh Ferial Fitri Ayu Supriani dari Kabupaten Lombok Barat dan Juara III diraih oleh M Burhan Rozi dari Kabupaten Lobar. (03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.