Piye

Kembalikan Marwah Perpustakaan, Ini Janji Pemkab Loteng

Kembalikan Marwah Perpustakaan, Ini Janji Pemkab Loteng
SuaraLombok.com | Lombok Tengah - Kenyataan minimnya pengunjung perpustakaan dan minat baca buku masyarakat yang sangat merosot membuat Pemkab Loteng peras otak.

Pemkab Loteng melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah mengaku jika fenomena ini menjadi sebuah kemunduran tersendiri bagi sumber daya manusia.

Pejabat tinggi di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Lalu Rinjani mengatakan, dari data yang ada, pengunjung perpustakaan setiap hari tidak terlalu besar.

“Ini yang menjadi PR kita bersama, bagaimana menjadikan masyarakat kita gemar membaca agar SDM kita bisa terus berkembang dan semakin maju,” ungkapnya dalam kegiatan safari gerakan nasional pembudayaan kegemaran membaca.

Untuk itu, lanjut dia, Pemkab sudah memiliki rencana menarik minat masyarakat untuk mendatangi gadung perpustakaan.

Minimal, lanjut dia, jika masyarakat belum mau ikut membaca, mereka akan merasa nyaman berada di sekitar gedung perpustakaan.

Salah satunya dengan menyiapkan fasilitas berupa berugak dan wi-fi gratis bagi para pengunjung perpustakaan.

“Rencana ini sudah final, tinggal kita anggarkan saja, jadi masyarakat nyaman dan lebih senang datang ke perpustakaan,” lanjut Rinjani.

Selain itu, sejumlah perbendaharaan buku juga sudah direncanakan akan ditambah dalam waktu dekat.

Tidak hanya buku literatur dan pengetahuan saja, tetapi untuk menggaet minat baca, pihaknya akan menyiapkan sejumlah bacaan ringan seperti novel dan cerpen yang lebih digemari oleh masyarakat saat ini.

“Yang jelas, kita akan mencari cara agar marwah perpustakaan kembali seperti beberapa tahun yang lalu dan masyarakat merasa membutuhkan perpusatakaan itu,” tandasnya. (03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.