Piye

Jatah Rastra Berkurang, Dinsos Lakukan Validasi Data

Jatah Rastra Berkurang, Dinsos Lakukan Validasi Data
SuaraLombok.com | Lombok Barat - Catatan berkurangnya penerimaan jatah Rastra di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) episode lalu menjadi atensi.

Diduga data rastra yang diterima oleh Kementerian Sosial belum divalidasi.

Menindaklanjuti hal itu, Dinsos mengambil langkah validasi dengan bekerjasama pemerintah desa.

“Kami sudah mengirim blangko blangko disetiap desa. Saya minta kepada semua Kepala desa sampai bulan Juli untuk pembaruan data-data agar semuanya sudah rampung. By nama by adreas,” ungkap Kepala Dinsos Lobar Dr. Ambar.

Berdasarkan data pusat, penerima rastra mencapai 66.990 KK by name by adreas. Jika dilihat dari jumlah data pengurangan, hampir 50 persen.

Untuk itu pihaknya tengah bersinergi dengan pihak Desa dengan melibatkan kepala Dusun yang ada diseluruh kecamatan di Lobar.

Berdasarkan informasi, data sosial terpadu dan SK Mensos, kedepan subsidi apapun penerima semuanya akan non tunai dengan menggunakan kartu Hambara.

“Ke depan, tidak akan bantuan yang tunai, semuanya via kartu,” tambahnya.

Untuk itu, masih perlu dilakukan validasi data dari sumber desa tersebut yang akan diverifikasi sehingga mendapatkan data yang valid.

“Itu nanti yang menjadi sumber untuk menyalurkan rastra kepada masyarakat penerima manfaat subsidi pangan,” jelasnya. (05)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.