Piye

Dr. Fikri : Terapan Hipnotis Support Dunia Medis

Dr. Fikri : Terapan Hipnotis Support Dunia Medis
SuaraLombok.com | Mataram - Salah satu manfaat terapan hipnotis di bidang kesehatan bisa sebagai pembiusan tanpa obat. Dalam dunia medis, pembiusan dengan ilmu hipnotis ini di sebut sebagai Medical Hypnosis atau mental anestesi.

"Terapan hipnotis saat ini sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia seperti mental anestesi, " ungkap Ketua DPW Perkumpulan Komunitas Hipnotis Indonesia Nusa Tenggara Barat (PKHI NTB ) dr. Lalu Fikri Hamzi di Mataram.

Dengan Medical Hypnosis, seorang pasien bisa diarahkan oleh praktisi untuk menuju gelombang Theta. Dalam kondisi Theta, pasien hanya merespon aktivitas dari pikiran bawah sadar. Jika di ukur dengan alat Electro Encephalogram (EEG), maka frekuensi gelombang otak berkisar 4-8 hz.

"Setelah saya dalami (Ilmu Hipnotis - red) ternyata luar biasa," ungkapnya menceritakan pengalaman singkat menggunakan ilmu hipnotis.

Menurutnya, mental anestesi hanya salah satu dari sekian manfaat terapan hipnotis. Jika dipelajari, maka terapan hipnotis juga bisa dimanfaatkan untuk hypno terapi, hypno parenting, hypno selling dan lainnya. "Hipnotis tidak identik dengan klenik atau kejahatan tapi juga bisa bermanfaat buat kebaikan," katanya. 

Sebelum mendalami ilmu hipnotis, Dokter yang juga menjabat sebagai Direktur RSUP NTB ini sempat ragu dengan legalitas PKHI. Namun keraguan ini hilang setelah mengetahui bahwa PKHI/IHC sudah memiliki legalitas resmi berupa SK Kemenkum HAM RI No. AHU-00753.60.10.2014. "Profesional, kita sudah ada payung hukumnya jadi aman. Itu alasan saya bergabung," ujarnya.

Ia berharap praktisi hipnotis yang bernaung di bawah PKHI bisa menerapkan ilmu hipnotis bagi kemaslahatan masyarakat Nusa Tenggara Barat. "Harapan kedepan sesuai visi dan misi lebih di kenal masyarakat," terangnya.

Untuk diketahui, pada Rabu 12 Juli 2017 di Mataram, dr. Lalu Fikri Hamzi dilantik menjadi Ketua DPW PKHI NTB masa jabatan 2017 -2021. Adapun Sekretaris dijabat oleh Drs. H. Lalu Fatwir Uzali. Dengan bendahara Ridwan Safari.

Pelantikan yang dirangkai dengan acara Halal Bi Halal ini dihadiri oleh Ketua Umum PKHI Ir. Avifi Arka, CHt., CI serta Sekretaris Umum Drs. I Wayan Miasa, CHt., CI, dan para praktisi hipnotis di NTB. (09)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.