Piye

Cegah Pungli, Komitmen Guru Sangat Penting

Cegah Pungli, Komitmen Guru Sangat Penting
SuaraLombok.com | Mataram - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengadakan Kegiatan Pembekalan dalam rangka mewujudkan pengelola pendidikan yang berintegritas.

Kegiatan ini diadakan selama dua hari dengan sasaran Kepala Sekolah, Calon Kepala Sekolah, dan Pengawas Pendidikan SMA/SMK/ dan lembaga pendidikan lain yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi NTB.

Pembekalan yang dihadiri sekitar 480 orang peserta itu langsung diberikan oleh Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi di Gedung Graha Bhakti Praja kantor Gubernur NTB.

Secara khusus, materi pembekalan difokuskan pada wawasan anti korupsi, terutama dalam lingkup pendidikan mengenai aturan pungutan dan sumbangannya yang sangat rentan terhadap praktik Pungli.

Gubernur NTB dalam pidato pembekalan mengungkapkan pentingnya penyelenggara pendidikan memiliki komitmen tinggi menjaga integritas.

Salah satunya dengan membentengi diri dari praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme di sekolah. Ia mengingatkan agar para pendidik taat terhadap asas dan prosedur-prosedur yang sudah ditetapkan, terutama dalam kasus pengelolaan keuangan.

“Khusus untuk pengelolaan belanja keuangan atau pungutan jangan ada inovasi,” tegasnya.

Hal itu sangat penting untuk dihindari. Jangan sampai institusi pendidikan justru sebagai tempat tempat menimba ilmu menjadi tercoreng karna ulah pihak-pihak yang yang hanya mementingkan kepentingan pribadi.

“Untuk mewujudkan pendidikan yang berintegritas, dibutuhkan keteguhan komitmen dari seluruh pihak,” sambungnya.

Pria yang akrab disapa TGB ini menitipkan harapan kepada para guru dan kepala sekolah untuk mampu mengintegritaskan secara utuh tiga  hal dalam mendidik, antara lain mentransfer pengetahuan kognitif dan transfer nilai-nilai baik kepada peserta didik, serta guru harus mampu mendorong, memotivasi serta memfasilitasi peserta didik dalam melakukan penjelajahan intelektual. (Cr 04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.