Piye

BPS : Kunjungan Wisatawan dan Hunian Hotel Ke NTB Meningkat

BPS : Kunjungan Wisatawan dan Hunian Hotel Ke NTB Meningkat
SuaraLombok.com | Mataram - Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai salah satu destinasi tujuan wisata favorit yang terus mengeliat dan menunjukkan peningkatan signifikan bagi para pelaku wisata di daerah ini. Salah satu dampaknya adalah meningkatnya hunian kamar hotel baik berbintang maupun non bintang yang mencapai angka fantastis hingga 50 persen lebih.

Hal tersebut terungkap dari data Badan Pusat Statistik Provinsi NTB (BPS NTB_Red) yang mencatat Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel bintang pada bulan Mei 2017 lalu mengalami peningkatan signifikan mencapai 50.83 persen.

Angka ini memang sedikit menurun dari  tingkat TPK sebelumnya pada bulan April yang mencapai 51.69 persen artinya mengalami penurunan sebesar 0,16 point pada bulan berikutnya.

Dari angka tersebut jika di spesifikasikan, sebagian para Wisatawan tetap masih didominasi oleh wisatawan asal Asian yakni Malaysia, Korea Selatan, Singapura, China dan satu lagi Eropa yakni berasal dari Inggris.

“Wisatawan yang datang didominasi dari 5 Negara yakni Inggris, Korea Selatan, Malaysia, Cina dan Singapura. Dengan kunjungan terbesar dari Negara Malaysia, Hal ini karena NTB mengusung tema Wisata Religi, yang mana Islamic Centre menjadi pusatnya” ujar Endang Triwahyuningsih Kepala BPS Provinsi NTB pada acara silaturrahmi BPS Senin (03/07) di aula Kantor BPS NTB.

Selain angka hunian hotel yang menggembirakan, jumlah rata-rata lama menginap (RLM) tamu hotel bintang pada bulan Mei 2017 tercatat 2, 24. lebih tinggi 0,06 hari dibandingkan dengan RLM bulan April 2017 sebesar 2,18 hari. Jika dibandingkan dengan RLM bulan Mei 2016 terjadi kenaikan 0,44 hari.

“Dari data itu , hunian kamar hotel non bintang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan hotel bintang, dan mengalami penurunan, diharapkan untuk hotel non bintang agar bisa berbenah supaya bisa menigkatkan hunian kamar”, ungkapnya. (CR 04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.