Piye

Begini Langkah Pemprov untuk Atasi Pengangguran

Begini Langkah Pemprov untuk Atasi Pengangguran
SuaraLombok.com | Mararam - Dalam upaya mengurangi angka pengangguran yang terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB),  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) mengadakan Job Fair di Lombok City Center.

Kali ini, kegiatan yang dilaksanakan Rabu, (19/7) diikuti oleh 32 perusahaan dengan lapangan kerja yang tersedia 30 jenis pekerjaan dan 2.950 pekerja yang akan terserap.

Kepala Disnakertrans NTB, Drs. H. Wildan mengungkapkan, tujuan umum pmbangunan bidang ketenagakerjaan di NTB adalah membentuk iklim sosial ekonomi dan budaya yang mendukung prokdutivitas ekonomi sehingga dapat hidup layak berkualitas dan sejahtera.

“Tapi upaya pencapaian tujuan tersebut tidak mudah karna jumlah angkatan kerja yang semakin bertambah,” ungkapnya.

Penduduk yang yang semakin besar telah membawa akibat jumlah angkatan kerja yang semakin besar pula. Namun di sisi lain masih terbatas jumlah lapangan kerja yang tersedia di NTB.

Sementara Wakil Gubernur NTB, H. Muh Amin SH.M.Si yang hadir memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi acara Job Fair mengungkapkan, angkatan kerja cukup tinggi, lanpangan kerja yang tersedia masih jauh dari harapan.

Daerah NTB sangat potensial, Sumber Daya Alam sangat luar biasa, perlu pengelolaan Sumber Daya Manusia yang handal. Baik dari sisi pendidikan dan keterampilan.

“Karna itu saya harapkan kepada para sauadara sekalian yang belum berkesempatan mendapatkan pekerjaan untuk terus tingkatkan keterampilan, pemerintah juga berupaya menyiapkan balai tenaga kerja keterampilan itu dimanfaatkan sebaik baiknya,” himbaunya.

Selama diadakannya Job Fair empat tahun terakhir, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi Disnakertrans sudah terserap 80 hingga 90 persen pekerja.

Berkaitan dengan pengendalian jumlah penduduk, angka-angka statistik, dimana pertumbuhan dari penduduk NTB 1,17 persen. Angkatan kerja terus bertambah karna penduduk yang terus bertambah.

“Ini menjadi tugas pemerintah untuk menekan pertumbuhan penduduk itu sendiri,” tandasnya. (cr-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.