Piye

2000 Ekor Burung Langka Diamankan BKSDA NTB

2000 Ekor Burung Langka Diamankan BKSDA NTB
SuaraLombok.com | Mataram - Patroli gabungan dalam rangka antisipasi peredaran tumbuhan dan satwa liar digelar Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB bersama pihak terkait, di Pelabuhan Lembar Lombok Barat pada Jumat malam (06/7).

Hasilnya sebanyak 2000 burung dilindungi berbagai jenis Kepodang, Punglor Macan, Samyong, Kecial Kuning dan Kecial Kombo di dalam sebuah Truck Fuso dengan Nomor Polisi DK xxx KL yang hendak diseberangkan menggunakan kapal fery menuju Bali.

Kecurigaan petugas bermula dari keterangan sopir angkutan yang terlihat gugup saat ditanya petugas, setelah diperiksa lebih jauh, sang sopir tidak bisa memberikan surat keterangan ijin angkut termasuk keterangan mengenai barang yang dibawa. Setelah diperiksa petugas ditemukan hampir 2000 ekor burung dilindungi yang disembunyikan dalam boks pengangkut buah  plastik.

“Tidak ada sama sekali surat angkut keluar daerah, surat keterangan, intinya tanpa dokumen, dan yang berhak mengeluarkan ijin angkut disini adalah BKSDA Provinsi NTB”, jelas Lalu Muhammad Fadli, SH. selaku Kepala Seksi konservasi NTB wilayah I saat ditemui di kantor BKSDA NTB, Jln. Majapahit No. 54 B Mataram.

“Saat Ini kita sedang selidiki dia ngambil dimana, tapi sepertinya di Lombok karena pengakuan sopirnya dia ngambil dari terminal Mandalika,” lanjutnya.

Terkait sanksi yang dilakukan BKSDA NTB, Lalu Fadli mengungkapkan bahwa untuk pelaku penyeludupan satwa liar akan diberikan sanksi administrasi dan jika satwa yang dilindungi UU akan diproses secara pidana. “Kalau untuk hewan yang tidak dilindungi, akan dilepas liarkan, kalau dilindungi akan diproses,” sambungnya.

Ribuan ekor burung tersebut sementara ini masih berada di kantor BKSDA Provinsi NTB untuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut dan rencananya akan dilepas-liarkan kembali di kawasan Kerandangan Lobar pada Jumat hari ini. (Cr 04)

1 komentar:

  1. makasih atikelnya menarik untuk di baca
    http://obatkista1.com

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.