Piye

TGB Sidak Moda Angkutan Mudik Pastikan Layak Operasi

TGB Sidak Moda Angkutan Mudik Pastikan Layak Operasi
SuaraLombok.com | Mataram - Sejumlah moda transportasi darat laut dan udara ditinjau gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. TGH. M. Zainul Majdi, dalam sidak angkutan mudik 2017 yang digelar bersama seluruh anggota Forkopimda Provinsi NTB Selasa (20/6). 

Pengecekan armada dan fasilitas mudik dimulai dari transportasi darat, khususnya bus antar pulau dari terminal Mandalika Mataram semuanya telah dicek dan dinyatakan layak operasi. Termasuk sisi kebersihan dan kenyamanan terminal sudah cukup baik.

Demikian juga aktivitas di pelabuhan penyeberangan Lembar masih berjalan lancar, belum terjadi antrean berlebihan meskipun telah terjadi peningkatan arus penyebarangan. 

Sedangkan arus penerbangan di Lombok Internasional Air Port (LIA)  telah terjadi peningkatan arus penumpang sebesar 15% dibandingkan hari-hari sebelumnya, sehingga telah dilakukan antisipasi melalui extra flight.

Tiga lokasi tersebut meliputi, Terminasl Bus Mandalika, Pelabuhan Lembar dan Bandara Internasional Lombok. Dari sidak di tiga lokasi tersebut TGB menilai aspek kenayamanan, keamanan dan Standard Operational Procedure (SOP) kendaraan angkutan lebaran tahun ini dianggap layak.

“Transportasi, baik darat, udara maupun laut, itu tidak hanya menyangkut alat transportasi, tapi juga SOP yang mengatur, baik pergerakan orang, kemudian SOP keamanannya. SOP itu penting kalau ada masalah,” ungkap gubernur.

Gubernur menilai secara umum fasilitas transportasi yang digunakan masyarakat untuk mudik lebaran tahun ini dianggap layak dan aman. Hanya saja ada beberapa catatan yang perlu menjadi catatan, seperti memastikan kendaraan itu dicek detail, seperti rem, lampu, toilet dan fasilitas lain.

Tidak hanya itu, Gubernur meminta agar dokumen berkendaraan para sopir dipastikan lengkap, seperti SIM, STNK dan dokumen lain yang diperlukan.

“Kita harapkan kalau aspek kenyamanan, kemanan dan SOP itu bisa terlaksana dan terintegrasi, mudah-mudahan nyamanlah mudiknya,” harap Gubernur usai sidak. (01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.