Piye

Versi Sipil Rantis Komodo KIT 250AT Dijual Untuk Umum

 Versi Sipil Rantis Komodo KIT 250AT Dijual Untuk Umum
SuaraLombok.com | Mataram - Di ajang Indo Defence 2014, Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbang) TNI AD dan PT Fin Komodo Teknologi memperkenalkan sosok rantis intai model buggy yang berpenggerak dua roda. Rantis super ringan dengan berat kosong 320 kg ini lumayan menyita perhatian kala itu, diberi label Komodo KIT 250AT, rantis intai ringan ini terlihat garang dengan dipasangi gun turret senapan mesin FN MAG 7,62 mm yang dapat diputar manual 360 derajat.Tak itu saja, KIT 250AT juga ditampilkan dalam versi ambulance lapangan. Yang lebih menarik lagi, Komodo KIT 250AT adalah rantis intai produksi dalam negeri.

Buat para penggemar off road yang kebetulan pecinta dunia alutsista, kini bisa memiliki KIT 250AT, namun dalam versi sipil, yang labelnya menjadi KD 250X. Di ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2017, rantis off road ini dijual ke publik dengan harga Rp 90 juta, bahkan ada diskon Rp 5 juta jika dilakukan pembelian saat pameran berlangsung 27 April – 7 Mei 2017 di JIE Expo Kemayoran, Jakarta. Meski ini adalah versi sipil, sensasi rantis intai tentu tidak dihilangkan, karena sang produsen tahu itu adalah daya jual dari kendaraan ini.

“Ini menjadi varian baru, makanya kita sebut KD250X, new generation. Perubahan di frame. Ini dibuat lebih lega kabinnya. Lalu interior dasbor berubah semuanya. Bentuk eksteriornya lebih macho dan futuristik. Di belakang juga kita ada perubahan, yang tadinya lampu rem di atas, kita taruh di bawah. Lalu fender juga berubah,” kata Ibnu Susilo, Presiden Direktur PT Fin Komodo Teknologi, dilansir dari indomiliter.com (6/5/2017). Lebih lanjut disebutkan Secara dimensi baik lebar dan panjang KIT 250AT dan KD 250X adalah sama, “kami bikin kabinnya lebih lapang. Dashboard kita majukan sedikit, rangka dan roll bar juga kita naikkan. Jadi posisi kaki tidak lagi mentok ke dasboard,” kata Ibnu.

Meski ada didapuk sebagai rantis intai, Fin Komodo KIT 250AT tak dibekali lapisan proteksi khusus untuk awaknya, kemungkinan ini untuk mempertahankan aspek kelincahan mobilitas kendaraan pandu ini. Baik Komodo KIT 250AT dan KD 250X mengadpsi mesin 4 stroke 250 cc. Mesin dengan bahan bakar premium/pertamax ini punya daya 14 hp/7.500 rpm yang mampu melesatkan kendaraan hingga kecepatan maksimum 60 km per jam. Kapasitas bahan bakar untuk sekali jalan adalah 20 liter. Untuk laju transmisi mengadopsi CVT otomatis (maju dan mundur). Mesin ditempatkan pada bagian belakang.

Sayangnya kapabilitas off road-nya hanya mengandalkan sistem penggerak 2 roda belakang, ini tentu menjadi minus tersendiri. Keistimewaan Komodo KIT 250AT lebih ditekankan pada rancangan yang kompak dan ringan. KIT 250AT punya dimensi 2,65 x 1,75 x 1,46 meter dengan berat hanya 420 kg. Karena dimensinya yang ‘mungil,’ KIT 250AT hanya bisa dimuati oleh dua awak, yakni satu pengemudi dan satu juru tembak (gunner). KIT 250AT juga menyediakan ruang untuk penempatan radio komunikasi sekelas PRC-77, yakni tersedia slot pada bagian dashboard gunner. Untuk keperluan logistik dan amunisi, kapasitas angkut rantis ini bisa dimuati barang maksimum 250 kg. (03)

Sumber : http://www.indomiliter.com/versi-sipil-rantis-komodo-kit-250at-dijual-untuk-umum

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.