Piye

UNBK Lancar, UNKP Diwarnai Masalah

UNBK Lancar, UNKP Diwarnai Masalah
SuaraLombok.com | Lombok Tengah - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Loteng berjalan lancar. Tetapi untuk Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) sempat mengalami kendala.

"Kalau UNBK lancar, tapi UNKP ada laporan kekurangan soal dari beberapa sekolah maupun madrasah," beber Kabid Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Loteng, H. Jumadi.

Jumadi menerangkan, kekurangan soal terjadi di SMP 5 Pujuy dengan kekurangan 1 amplop ukuran sedang dan SMP 1 BatuKliang pada subrayon 15 kekurangan 2 amplop ukuran sedang.

"Itu yang sudah ditangani karena laporan lebih cepat, yang masuk laporan hari ini (Selasa, 02/5) juga ada beberapa sekolah dan madrasah," jelasnya.

Menindak lanjuti permasalahan ini, Disdik Loteng langsung melakukan kroscek dan koordinasi dengan pihak provinsi. Hanya saja untuk yang melaporkan pada hari H pelaksanaan ujian hari pertama, pihaknya hanya memberikan solusi untuk mencari kelebihan soal pada amplop ukuran besar.

"Biasanya ada cadangan soal, maka kami instruksikan agar mencari kelebihan di sana dulu, atau bisa ke KKM dan Polsek setempat, itu yang kami sarankan saat ini," tambahnya.

Terkait jumlah peserta UNBK maupun UNKP, Jumadi menjelaskan tahun ini mencapai 16.285 orang yang terdiri dari 588 orang mengikuti UNBK tingkat SMP dan 506 siswa untuk MTs. Sementara sisanya menggunakan UNKP. "Kita tersebar di 24 sub rayon selurunya," tandas Jumadi.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Praya, Majri menjelaskan, untuk UNBK sendiri, pihaknya sudah melakukan persiapan penuh sejak beberapa waktu lalu.  Di sekolahnya terdapat 4 server utama dan 1 server cadangan guna melayani 363 siswa yang terbagi menjadi 4 ruangan.

"Kami juga sudah antisipasi listrik dengan menyediakan genset dan gangguan internet degan persiapan modem yang bisa menjangkau seluruh ruangan, itu sesuai instruksi Dinas," jelasnya. (09)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.